Menghubungkan Beberapa Komputer Dengan Wifi

Menghubungkan Beberapa Komputer Dengan Wifi

Umumnya kebanyakan orang lebih sering menggunakan kabel UTP untuk mengkoneksikan 1 komputer ke komputer lainnya. Namun sebenernya Wifi pun dapat digunakan untuk mengkoneksikan beberapa komputer.

Menghubungkan Beberapa Komputer Dengan Wifi

Anda mungkin pernah ingin mengambil/mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain tetapi tidak memiliki media penyimpanan seperti Flashdisk. Dengan cara ini, Anda bisa menghubungkan satu komputer ke komputer lain tanpa perangkat tambahan seperti FD atau Kabel UTP.

Syarat utama adalah komputer yang ingin dikoneksikan masingmasing harus memiliki perangkat wifi agar bisa saling koneksi. Dan dalam artikel ini penulis coba menjelaskan cara menghubungkan 2 komputer.

Ikuti cara berikut untuk menghubungkan komputer melalui Wifi :

Pada komputer A >>

1. Pertama tama setting Adhoc wifi terlebih dahulu dengan cara masuk ke Control Panel > Network And Sharing Center > Set up a new connection or network 

Menghubungkan Beberapa Komputer Dengan Wifi

2. Setelah itu pilih set up a wireless ad hoc network dan klik Next.  Pada kolom Network name isikan dengan nama terserah Anda missal Nama anda. Untuk security type agar tidak repot memakai password, pilih No authentication dan klik next dan Ad hoc telah tersetting.

3. Setelah selesai, masuk kembali ke Control Panel > Network And Internet > lalu klik Change Adapter Setting.

4. Kemudian pilih adapter wifi yang Anda pakai dan klik kanan > properties > Internet Protocol Version 4 > Properties . Lalu atur pengaturannya seperti contoh dibawah ini:

Menghubungkan Beberapa Komputer Dengan Wifi

 

5. Klik OK

Pada komputer B >>

1. Untuk komputer B ini anda hanya perlu menyalakan wifi kemudian cari jaringan wifi yang aktif (yang telah kita buat tadi) dan ;angsuk connect saja ke jaringan tersebut.

2. Setelah itu hanya tinggal mengatur IP untuk adapter wifi sama seperti cara pada komputer A pada poin 4, namun dengan pengetur ip yang beda seperti berikut :

Menghubungkan Beberapa Komputer Dengan Wifi

 

3. Klik OK

 

Setelah kedua komputer disetting, maka seharusnya kedua komputer tersebut sudah saling terhubung. Dengan begini, berarti Anda sudah bisa saling mentransfer data, bermain game multiplayer, dan lainlain.

Semoga artikel ini bisa sedikit bermanfaat !

About Bahtiar 748 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*