Tips MembackUp Data dari Windows Tanpa Booting

Backup

Agar tidak kehilangan data di komputer baik itu data penting pekerjaan maupun data-data lainnya, setidaknya pengguna komputer membackup data yang ada sebagai data cadangan, bentuk dari antisipasi pribadi jika kemungkinan suatu saat komputer atau laptop Anda bermasalah. Dengan membackup, data yang ada di komputer akan selamat dari masalah terlebih hilangnya data penting karena telah dipindah ke komputer lain maupun ke memori eksternal.

Backup

Ada dua tips dalam membackup data dari komputer baik tips backup data dengan booting maupun tips backup data tanpa booting. Beberapa jalan bisa Anda tempuh untuk membackup data di komputer yakni langkah terjadwal memakai perangkat lunak tertentu dan seterusnya ataupun dengan cara manual memindah data satu persatu file ke memori eksternal komputer. Dan berikut adalah tips backup data tanpa booting yang bisa Anda terapkan ke komputer dan data Anda.

Tips BackUp Data Tanpa Booting

  1. Nyalakan komputer lakukan booting sambil tekan F8. Dibagian jendela windows yang muncul akan bisa Anda pilih menu “Repair Your Computer” dibawah “Advanced Boot Options”. Tetapi jika “Repair Your Computer” tidak muncul, maka Anda perlu DVD installation dan selanjutnya seolah-olah lakukanlah instal ulang.
  2. Ketika windows akan memulai loading files dari DVD yang telah Anda klik di sembarang tempat sebelumnya, maka akan ada pesan “Windows is Loading Files” untuk Anda.
  3. Pilih next untuk melanjutkan proses backup.
  4. Lakukan backup di komputer Anda dengan instal komputer sesuai perintah yang ada lalu klik “Repair Your Computer”.
  5. Pilihlah operating system yang digunakan komputer atau laptop Anda.
  6. Pilih menu “Next” untuk melanjutkan sebagai langkah melihat recovery tools.
  7. Pilihlah system recovery options.
  8. Gunakan Coomand Prompt untuk menjalankan aplikasi dan selanjutnya bisa dilakukan tips backup dari command line.
  9. Ketik notepad exe dan tekan enter untuk menjalankan aplikasi notepad sebagai pembaca segala bentuk data file hasil pengolahan kata. Notepad yang telah dijalankan bisa dilkukan copy paste data dan selanjutnya bisa klik file à save as untuk membackup data yang hendak disimpan.
  10. Carilah drive data folder yang ingin Anda simpan dan backup dengan mengklik icon computer pada panel sebelah kiri lalu menyimpan file-file yang ingin dipindah ke USB drive.

Perlu kesabaran untuk melakukan backup data tanpa booting pada windows, lakukan cara di atas dengan sabar sampai proses pembackupan selesai dan berhasil dilakukan. Selamat mencoba dan selamatkan data penting Anda dari masalah komputer melalui backup data minimal dua hari sekali atau setelah menyimpan data baru.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*