Cara Membersihkan Sistem Komputer Anda

Cara Membersihkan Sistem Komputer Anda

Membersihkan sistem komputer secara rutin tidak hanya menjaga komputer agar terhindar dari system crash namun juga meningkatkan kinerja dari komputer Anda. Bagaimanapun, melakukan pembersihan sistem komputer membutuhkan langkah , dan sangat penting bagi anda untuk mengetahuinya agar tidak terjadi kerusakan pada system komputer Anda.

Cara Membersihkan Sistem Komputer Anda

Cara membersihkan sistem komputer sebenarnya bisa dilakukan dengan bantuan software dari pihak ketiga yang saat ini sudah banyak tersedia di Internet. Namun lebih dianjurkan untuk melakukan pembersihan sistem secara manual untukmendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Berikut ini beberapa langkah dalam melakukan pembersihan sistem secara manual:

1. Masuk sebagai Administrator

Tentunya anda perlu masuk ke komputer Anda sebagai Administrator agar dapat lebih leluasa mengakses beberapa fitur untuk melakukan maintenance komputer. Jika anda masuk sebagai account guest misalnya, tentu Anda tidak dapat melakukannya dan anda akan terbatas dalam mengakses fitur-fitur sistem di komputerAnda.

2. Backup data Anda

Sebelum melakukan pembersihan / maintenance sistem komputer Anda, sebaiknya backup terlebih dahulu file-file penting Anda untuk mengantisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, amankan file Anda ke media penyimpanan lain atau anda juga mengupload backup Anda ke internet.

3. Kosongkan Recycle Bin

Data yang Anda hapus dikomputer Anda tidak langsung terhapus secara permanen dari komputerAnda , melainkan hanya disimpan di Recycle Bin. Bila anda membiarkan RecycleBin menampung file-file yang telah Anda hapus, tentunya itu juga akan meyita ruang harddisk Anda. Untuk itu,kosongkan saja seluruh Recycle Bin anda agar kapasitas hardisk komputer bisa sedikit lega.

4. Lakukan Disk Cleanup

Disk cleanup utility adalah fitur bawaan dari Windows yang gunanya untuk melakukan pembersihan terhadap hardisk komputer Anda. Fitur ini bisa diakses dari tombol Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Celanup.

Disk Cleanup akan menscan ruang harddisk Anda untuk melihat potensi ruang yang bisa diperoleh. Setelah itu anda bisa memilih untuk menghapus file-file yang tidak penting seperti file Temporary Internet Files.

5. Men-defragment hardisk Anda

Disk Defragment juga merupakan tools bawaan Windows yang bisa anda aksesdari system tools. Fungsi tools ini seperti namanya, yaitu untuk melakukan defragmentasi terhadap sistem komputer Anda agar menjadi lebih teratur. Hal ini sangat perlu dilakukan terutama bila Anda memiliki kapasitas penyimpanan dan file yang sangat banyak. Dengan melakukan defragmentasi, kinerja komputer nda menjadi lebih cepat dan ringan.

Nah, itu adalah 5 langkah dasar dalam melakukan pembersihan sistem komputer Anda. Dengan langkah tersebut bisa membuat komputer menjadi lebih teratur dan tentunya kinerja komputer juga menjadi lebih baik.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 748 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

1 Comment

  1. bagainmana mengatasi problem THE USER PROFILE SERVICE SERVICE FAILED THE LOGON USER PROFILE CANNOT BE LOADED bagaimana solusinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*