8 Tips – Untuk Meningkatkan Keamanan Komputer

10 Tips - Untuk Meningkatkan Keamanan Komputer

Sebelum anda menghabiskan banyak waktu untuk keamanan komputer Anda, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk melindungi komputer dari berbagai penyakit-penyakit komputer yang umum.

10 Tips - Untuk  Meningkatkan Keamanan Komputer

Berikut ini adalah 10 langkah awal untuk meningkatkat keamanan komputer Anda :

1. Cek update Windows dan Office secara rutin. (_http://office.microsoft.com/productupdates). Agar lebih mudahnya Anda dapat mengatur / mengatifkan fitur Automatic Update pada Control Panel.

2. Install personal Firewall. Firewaal ada yang versi berbayara dan juga versi gratis. Apabila Anda ingin mencoba terlebih dahulu, Anda bisa menggunakan firewall gratis dari SyGate (_www.sygate.com) atau juga dari ZoneAlarm (_www.zonelabs.com), Keduanya menyediakan versi gratis untuk firewallnya.

3. Install spyware blocker. Ada banyak sekali software spyware blocker yang tersedia, baik itu yang gratis ataupun yang berbayar. Untuk spyware blocker gratis, saat ini yang paling direkomendasikan adalah SpyBot Search & Destroy. Anda bisa mendownloadnya di http://security.kolla.de .

4. Gunakan password yang kuat untuk komputer Anda agar tidak mudah diakses oleh orang lain. Password yang baik, paling tidak mengandung minimal 7 karakter. Teridiri dari kombinasi angka dan huruf, dan bila perlu juga mengandung tanda symbol. Password yang rumit akan menyulitkan siapapun yang ingin masuk ke komputer Anda.

5. Apabila anda menggunakan Outlook atau Outlook Express. Selalu gunakan versi yang terbaru atau install Outlook Security Update secara rutin.

6. Beli anti virus original dan pastikan untuk melakukan update secara rutin . AV yang populer saat ini sudah banyak. Anda tinggal memilih AV yang pas untuk Anda. Jika masih ragu, Anda bisa mencoba AV ternama seperti avast dan Karspesky.

7. Jika anda menjalankan jaringan wireless, nyalakan fasilitas keamanan berikut : MAC filtering, turn off SSID broadcast, dan gunakan password WEP serumit mungkin yang bisa Anda berikan.

8. Berhati-hatilah saat menggunakan internet. Pastikan anda tidak membuka website yang mencurigakan. Dan jangan pernah mendownload file-file yang tidak jelas asal mulanya.

Semoga dengan 8 tips diatas, Anda bisa lebih meningkatkan keamanan komputer Anda. Selalu luangkan waktu Anda untuk memeriksa cela-cela keamanan komputer Anda untuk menghindari terinfeksi program-program jahat.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*