3 Cara Mengecek Link Berbahaya Tanpa Mengklik

3 Cara Mengecek Link Berbahaya Tanpa Mengklik

Anda mungkin pernah dengan tidak sengaja mengklik sebuah link berbahaya. Bahkan software keamanan terbaikpun tidak dapat mencegah Anda secara total dari ketidaksengajaan mengklik link berbahaya yang biasanya berisi halaman web yang cukup mengganggu, mengagetkan, link hijacking, dan sebagainya.

3 Cara Mengecek Link Berbahaya Tanpa Mengklik

 

Siapapun bisa dengan sengaja atau tidak sengaja mengirimkan link berbahaya melalui status facebook, yahoo messenger, ataupun melalui Email sehingga Anda harus lebih berhati-hati. Untuk itu, anda harus mengecek terlebih dahulu link yang Anda curigai sebelum mengklik link tersebut.

Kali ini penulis akan berikan beberapa tips mengecek link berbahaya tanpa perlu mengklik link tersebut.  Jadi, bila Anda menemukan sebuah link dan ragu untuk mengkliknya, Anda bisa gunakan tips ini terlebih dahulu. Tips ini tidak memerlukan Anda untuk mendownload apapun, dan tentunya gratis.

Tanpa basa-basi, ini dia tipsnya :

1. Arahkan pointer mouse ke link (tanpa klik)

Seringkali sebuah alamat url disamarkan dengan sebuah kata. Solusilnya, arahkan mouse ke sebuah link tanpa mengkliknya, maka Anda dapat mengetahui url asli yang akan dituju yang terdapat di bagian pojok bawah kiri pada browser

2. Gunakan link scanner

Link scanner adalah situs untk mengecek link berbahaya. Anda tinggal memasukkan URL yang anda curigai dan selanjutnya akan discan oleh mereka. Ada banyak situs link scanner yang tersedia secara gratis dan terpercaya. Namun, anda bisa mencoba www.urlvoid.com, Anda bisa memasukkan link yang anda curigai kemudian sistem mereka akan melakukan scanning menggunakan database dari berbagai antivirus kemudian melaporkan hasilnya kepada Anda secara instan.

3. Cek “Shortened Links”

Shortened Links adalah link yang telah diperpendek menggunakan situs seperti tinyrurl.com, goo.gl, dll. Untuk link yang telah diperpendek tidak dapat discan oleh situs link scanner seperti urlvoid.com. Bila anda memasukkan link yang elah diperpendek, Urlvoid.com hanya akan menscaning link tersebut dan bukan menscan link asli.  Untuk itu, Anda bisa menggunakan situs http://sitecheck.sucuri.net/scanner/ yang dapat mengambalikan url yang telah diperpendek kemudian menscan url asli dari link tersebut.

Nah, itu dia tips mengecek link mencurigakan dengan cara mudah dan gratis. Semoga anda bisa lebih berhati-hati terhadap setiap link yang dikirimkan kepada Anda.

Selamat mencoba !

 

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*