Cara Memonitor Bandwidth Internet Dengan Bitmeter

Cara Memonitor Bandwidth Internet Dengan Bitmeter

Memonitor bandwidth internet   bisa menjadi pekerjaan yang cukup menarik. Dengan memonitor bantwidth internet, Anda bisa memperoleh informasi seputar penggunaan bandwidth internet serta melakukan pencocokan terhadap paket data yang diberikan oleh provider dengan bandwidth yang sebenarnya Anda peroleh. Karena seringkali ,pihak provider mengatakan bahwa mereka memberikan paket data unlimited namun ternyata paket yang anda terima tidak sebenarnya unlimited.

Cara Memonitor Bandwidth Internet Dengan Bitmeter

Aplikasi monitoring bandwidth saat ini sudah menjadi populer dan sangat membantu Anda dalam pemantauan bandwidth di komputer atau ponsel Anda. Diantara banyaknya aplikasi berbayar, juga tersedia aplikasi monitoring bandwidth yang bisa Anda peroleh secara cuma-Cuma dan bahkan open source.

Salah satu aplikasi open source untuk memonitor bandwidth yang cukup populer adalah BitMeter OS. Aplikasi ini mampu memberikan informasi terkait bandwidth, kecepatan, histori penggunaan, dan fitur lainnya.

Berikut ini adalah cara penginstalan Bitmeter OS :
1. Terlebih lebih dahulu, download aplikasi BitOmeter OS sesuai sistem operasi yang Anda gunakan. Anda bisa mendownloadnya di :

http://sourceforge.net/projects/bitmeter/

2. Setelah terdownload, kemudian unzip file yang sudah di download tersebut kemudian jalankan file pengisntalan BitMeterOSInstaller.exe

3. Setelah terinstall, akan muncul icon BitMeter OS pada desktop. Seperti berikut

Cara Memonitor Bandwidth Internet Dengan Bitmeter

4. Selanjutnya jalankan Aplikasi BitMeter tersebut. Apabila apikasi BitMeter dijalankan, browser default Anda akan terbuka karena aplikasi ini tidaklah standalone. Artinya, aplikasi ini memerlukan sebuah browser sebagai interfacenya. Tampilannya seperti berikut:

Cara Memonitor Bandwidth Internet Dengan Bitmeter

5.  Sekarang Anda sudah bisa terinstall dan bisa Anda gunakan untuk memonitor bandwidth internet. Anda bisa mengakses menu-menu yang tersedia untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk melihat histori bandwidth dalam waktu tertentu, menghitung pemakaian bandwith dengan memakai kalkulator, dan sebagainya.

Cara Memonitor Bandwidth Internet Dengan Bitmeter

Nah, itu dia cara menginstall aplikasi BitMeter untuk memonitor bandwidth internet Anda.
Selamat mencoba !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*