Cara Memperbaiki Bad Sector

Cara Memperbaiki Bad Sector

Bad sector adalah bagian dari harddisk komputer yang telah rusak dan tidak dapat menyimpan dan menampung file. Dalam banyak kasus, bad sector merupakan akibat dari kerusakan fisik dalam pada komputer seperti kegagalan megnetik disk yang kerap kali menyebabkan data-data yang tersimpan menjadi corrupt.

Bad sector biasanya dapat diidentifikasi dengan adanya bunyi berisik pada komputer , atau dengan adanya pesan error yang berisi informasi bahwa Anda tidak dapat menyimpan file kedalam hardisk. Untuk memperbaiki bad sector di Windows, dapat dengan mudah dilakukan karena terdapat fasilitas untuk melakukan pengecekan dan perbaikan secara otomatis.

Untuk mengecek dan memperbaiki bad sector di Windows ikuti langkah-langkah berikut ini (dalam contoh ini kita memakai Windows 7 ) :

1. Terlebih dahulu tutup semua file dan program yang terbuka dan tersimpan di harddisk yang rusak.

2. Klik tombol Start dan klik Computer.

3. Selanjut klik kanan pada hardisk yang bad sector

Cara Memperbaiki Bad Sector

4. Selanjutnya pilih tab Tools , dan klik tombol Check now

Cara Memperbaiki Bad Sector

5. Pada dialog yang muncul, centang “Scan for and attempt recovery of bad sectors”, kemudian klik Start

Cara Memperbaiki Bad Sector

 

6. Windows akan melakukan pengecekan terhadap harddisk. Apabila terdapat bad sector, maka akan diperbaiki secara otomatis.

7. Setelah itu restart kembali komputer Anda.

 

Selamat mencoba !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

2 Comments on Cara Memperbaiki Bad Sector

  1. Saya sudah coba tips di atas tp tdk berhasil 🙁
    Mohon petunjuk nya gan..
    Saya pnya hdd 80giga yg sudah terisi skitar 50-60%. Skrg file yg ada tdk bisa dibuka. Hdd masih terdeteksi komputer, mskipun nama hdd (yg saya rename pada waktu format awal dulu) tdk muncul. Ketika di propertise, prosentase isi hdd msh terbaca (used skian giga, free skian giga) tetapi smw file2 nya sm skali tidak terbaca. Mohon petunjuk nya gan.. File2 yg ada adalah file2 yg sangat penting untuk saya.. Saya sudah mncoba menservis di bbrapa teknisi kmputer tp sm skali blum mmbuahkan hasil.. Mohon petunjuk nya..
    Trima kasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*