Tips Memilih Aplikasi yang Aman di Android

aplikasi-pada-android

aplikasi-pada-android

Kemajuan teknologi yang sangat pesat memberikan efek positif tersendiri salah satunya yaitu semakin canggihnya gadget yang dilengkapi juga dengan berbagai aplikasi menarik. Contohnya saja smartphone Android yang saat ini semakin banyak diburu oleh berbagai kalangan. Aplikasi yang bersimbol robot hijau ini menawarkan berbagai fitur yang menarik dan dapat memudahkan segala aktifitas harian kita. Aplikasi di Android juga banyak menawarkan fitur yang mampu menciptakan hubungan pertemanan yang akrab serta menambah eksis di berbagai situs jejaring sosial. Sayangnya kemajuan teknologi juga sering memicu orang untuk berbuat kejahatan.

Berbagai aplikasi di Android yang sepintas terlihat menarik tersebut terkadang juga menyimpan virus yang nantinya dapat merugikan para penggunanya. Maka dari itu para pengguna harus ekstra hati-hati dan sangat perlu untuk memahami aplikasi mana yang benar-benar bagus tanpa merugikan serta aplikasi mana yang justru merusak. Nah karena tidak banyak yang bisa mengetahui bagus tidaknya aplikasi di Android, ada beberapa tips dan trik untuk mengetahuinya. Apa saja tipsnya? Berikut ini informasinya.

  • Jika anda pengguna smartphone Android maka anda harus menggunakan situs resmi untuk mendownload berbagai aplikasi yaitu di Google Play Store.
  • Di dalam menu google Play Store tersebut sangat banyak aplikasi yang tersedia dan siap untuk diunduh. Namun disini anda harus ekstra hati-hati. Sebaiknya anda membaca overview aplikasi tersebut mengenai fitur-fitur apa saja yang dapat anda nikmati.
  • Setelah membaca dan memahami overviewnya, maka anda perlu membaca user permission atau ijin yang diminta oleh aplikasi tersebut kepada anda. Dibagian bawah link ‘Accept & Download’ terdapat tulisan permission yang berisi beberapa ijin mengenai sangkut paut dengan aplikasi tersebut. Harus anda pastikan bahwa aplikasi yang anda inginkan tersebut tidak meminta akses-akses yang tidak wajar atau tidak sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Jika anda menemui ijin aksesyang tidak wajar maka sebaiknya anda membatalkan niat untuk mengunduh aplikasi tersebut karena bisa saja dalam aplikasi tersebut terdapat virus atau program jahat yang merugikan anda.

Itulah tips untuk memilih aplikasi yang aman di Android. Semoga bermanfaat untuk sobat pembaca.

1 Comment

  1. Oleh karena itu saya hendak memberikan saran aplikasi-aplikasi menarik dan tentunya berkualitas bagi gadget dan smartphone android anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*