Cara Konversi Partisi FAT ke Partisi NTFS Tanpa Kehilangan Data

NTFS (NT File system) adalah standar sistem file untuk Microsoft Windows XP,Vista, dan Seven. Sistem file NTFS menawarkan stabilitas lebih, keamanan dan fregmentasi kecil dibandingkan sistem file FAT(File Allocation Table) yang dulu digunakan pada sistem operasi seperti MS-DOS,Windows 98, Windows ME, etc.

NTFS adalah sistem file yang direkomendasikan untuk Windows XP keatas karena sistem file ini lebih powerful dibandingkan FAT atau FAT32 yang mana digunakan pada OS windows lama.  Pada windows vista bahkan memerlukan sistem file NTFS agar dapat menginstall,  dan kita tidak dapat menginstall Windows Vista pada partisi FAT.

Mengkonversi partisi dari FAT atau FAT32 ke NTFS dapat dilakukan dengan menggunakan utilitu bawwan (convert.exe) yang terdapat pada sistem operasi Windows XP. Jadi jika Anda ingin meningkatkan keamanan dan membuat enkripsi data menjadi lebih cepat, silahkan Anda convert partisi Anda ke NTFS.

untuk mengkonversi partisi FAT ke NTFS, lakukan langkah berikut ini:

1. Klik Start, arahkan ke Programs > Accessories, dan klik Command Prompt

2. Pada jendela Command Prompt, ketikkan : convert drive_huruf:  fs/ntfs

3. Setelah melakukan ini, convert.exe akan berusuha untuk mengkonversi drive tersebut

Sebagai contoh, jika Anda mengetikkan command : convert E: /fs:ntfs , maka partisi E akan dikonversi ke format NTFS. Anda juga dapat mengkonversi partisi FAT atau FAT32 ke NTFS dengan menggunakan perintah tersebut.

Yang harus Anda perhatikan, cara ini hanyalah konversi satu arah. Ketika Anda mengkonversi sebuah drive atau partisi ke NTFS, anda tidak dapat mengkonversinya kembali ke FAT atau FAT32. Anda perlu memformat ulang drive/partisi tersebut dan semua data akan terhapus, termasuk program dan file pribadi Anda di partisi tersebut.

Catatan : Walaupun kemungkinan kehilangan data saat melakukan konversi sangatlah kecil, ada baiknya jika Anda melakukan full backup data pada drive yang ingin dikonversi.

 

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*