Membuat Wallpaper Desktop Agar Tidak Dapat Diganti

Anda mungkin pernah kesal saat komputer/laptop Anda digunakan oleh orang lain dan setelah Anda gunakan kembali ternyata banyak isi dari komputer yang sudah diutak-atik misalnya tampilan windows yang sudah berubah , icon desktop yang acak-acakan, atau mungkin hanya sekedar Wallpaper Desktop yang berubah.

Jika hanya Wallpager Desktop memang tidak susah untuk diganti kembali. Tapi pastinya Anda akan merasa jengkel kalau harus sering-sering mengganti wallpaper kesayangan karena ulah teman-teman Anda yang jail. Mungkin saja Anda punya foto kenangan yang Anda jadikan wallpaper atau mungkin jadwal kerja Anda.

Nah, sebagai solusinya penulis akan beritahu cara mudah bagaimana mengunci wallpaper desktop agar tidak dapat diubah. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir jika Ada orang lain yang mau mengganti wallpaper di desktop komputer/laptop Anda.

Untuk mengunci wallpaper desktop, ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Bukan jendela RUN (tekan tombol Windows+R)

2. Kemudian ketikkan GPEDIT.MSC  lalu tekan Enter

3. Setelah itu jendela “Local Group Policy Editor” akan terbuka, seperti berikut

4. Selanjutnya pada panel kiri jendela “Local Group Policy Editor” , masuk ke  User Configuration >> Administrative Templates >> Personalization

5. Setelah itu, pada panel kanan, carilah tulisan “Preventing changing desktop background” , lalu double klik pada tulisan tersebut

6. Setalah Anda klik, maka akan muncu jendela baru Prevent changing desktop background. Selanjutnya pilih “Enabled” lalu klik tombol “OK”.

7. Sekarang, Wallpaper desktop Anda sudah tidak bisa diganti lagi. Coba Anda klik kanan pada Desktop dan Personalize, maka hasilnya tampak seperti gambar berikut (Wallpaper menjadi terkunci)

Untuk mengembalikkan settingan agar wallpaper bisa diubah kembali, pada pengaturan di bagian “Preventing changing desktop background”, ubah “Enabled” menjadi “Not Configured”.

Selamat mencoba !

About Bahtiar 748 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*