Percepat Komputer Anda Dengan Menghapus Program Yang Tidak Berguna

Anda merasa tidak nyaman karena komputer yang baru saja Anda beli berjalan sangat lambat seperti siput ? Masalah ini bukan karena spek dari komputer Anda, melainkan karena banyaknya software yang diinstall di Windows oleh perusahaan penjual komputer yang Anda beli. Mulai dari tools dari pihak ketiga, program utilitas, hingga program-program boros memori yang mungkin sama sekali tidak Anda butuhkan biasanya juga ikut dipasang di Windows Anda yana membuat loading komputer terasa begitu lambat.

Jika Anda ingin komputer Anda berjalan lebih cepat, hapus program-program yang tidak Anda gunakan. Namun pastikan untuk teta berhati-hati dan tidak menghapus program-program sistem di komputer.

Menghapus Paket Bundle Software Dari Komputer

Biasanaya para perusahaan pembuat komputer akan memasukkan paket software trial ke dalam Windows yang baru Anda beli. Paket-paket software ini hanya bisa Anda gunakan secara full version jika Anda telah membelinya. Program-program semacam ini antara lain antivirus, aplikasi CD burner, hingga game-game trial. Sebaiknya hapus program-program trial didalam komputer Anda karena selain memakain resource memori saat program tersebut dijalankan, saat booting dan start up windows juga akan terasa lambat karena banyaknya program yang di load saat start-up.

Menghapus Program Tertentu

Jika Anda hanya memiliki 1 program yang ingin dihapus, Anda bisa gunakan fitur dari windows untuk Unistall Program. Ini adalah solusi apabila Anda menemukan 1 program yang menjadi penyebab masalah pada windows Anda. Tapi yang perlu Anda tahu yatu jika mesin komputer anda adalah satu bagian dari sebuah jaringan, maka Anda tidak bisa dengan mudah menghapus program-program yang memang diperlukan dalam jaringan. Untuk melakukan ini Anda perlu menghubungi teknisi jaringan Anda.

Software Pembersihan Sistem

Untuk pemeliharan secara menyeluruh, Anda bisa menggunakan software dari pihak ketiga untuk melakukan maintenance di Komputer Anda. Software seperti Revo Uninstaller bisa Anda gunakan untuk menghapus (uninstall) program-program yang tidak Anda inginkan. Sofrware seperti ini biasanya akan bekerja lebih maksimal dibanding tool bawaan dari Windows. Ada juga software seperti CCCleaner yang merupakan software pembersih elemet yang tidak dibutuhkan pada registry . Dengan melakukan pemeliharaan sistem secara menyeluruh, Anda akan merasakan perbedaan kecepatan saat menggunakan komputer Anda.

 

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

2 Comments on Percepat Komputer Anda Dengan Menghapus Program Yang Tidak Berguna

  1. Komputer selalu diisi dengan berbagai program aplikasi agar bisa digunakan sesuai yang kita inginan, Untuk itu kita terbiasa dengan instal berbagai software aplikasi tersebut. Disini Saung Link tak membahas bagaimana menginstal program tersebut.. tapi bagaimana Cara Menghapus Program Aplikasi Komputer itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*