Cara Praktis Menyembunyikan File/Folder

Secara umum untuk menyembunyikan file atau folder hanya dengan merubah properties file atau folder tersebut menjadi hidden. Namun pada kenyataannya, file atau folder tersebut akan tetap kelihatan apabila kita masuk ke opsi “don’t show hidden files and folder”.

Hidden Folder

Berikut adalah tips dan trik agar folder anda bisa tersembunyi sehingga jauh lebih aman dibandingkan ketika anda menggunakan/menyimpannya dengan cara biasa.

  • Klik Start
  • Run
  • Ketik cmd enter
  • KEtik attrib +s +h ” alamat file atau folder yang ingin di hidden”.
  • Tekan enter, untuh contohnya: attrib +s +h “d:koleksi movies” atau attrib +s +h “d:koleksimovies.zip”

Secara praktis file atau folder tersebut sudah tidak terlihat lagi di Windows Explorer. Untuk mengakses file atau folder yang disembunyikan atau dihidden tersebut adalah dengan mengetikkan alamat file atau folder tersebut di address bar windows explorer.

Untuk mengembalikan folder atau file yang kita hidden dengan cara diatas adalah dengan mengetikkan: attrib -s -h “d:koleksi moviesatau attrib -s -h “d:koleksimovies.zip

File atau folder tersebut tidak akan terlihat di Windows Explorer kecuali pengguna komputer menonaktifkan opsi “Hide protected operating system files (recommended)”,  lihat gambar diatas. Namun biasanya sangat jarang pengguna menonaktifkan opsi tersebut.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

About Nusantara 34 Articles
Nusantara adalah salah satu penulis yang cinta sekali dengan Negara Indonesia, karena itu di setiap member online dia memilih menggunakan username nusantara demi kecintaannya terhadap negeri ini. Selain itu dia bercita-cita ingin memajukan Bangsa Indonesia menjadi negara yang disegani di seluruh dunia!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*