Hai sobat pembaca sekalian. Kali ini saya akan membagikan informasi mengenai cara melakukan root pada ponsel Android. Root merupakan suatu pemberian hak akses sepenuhnya kepada pengguna Android agar bisa masuk ke dalam sistem. Sayangnya para pengembang Android tidak memberikan hak pengguna sepenuhnya agar tidak terjadi masalah yang berkaitan dengan aplikasi oleh para pengguna Android itu sendiri. Padahal jika diberikan kebebasan maka para penggunanya bisa memodifikasi semua file yang ada di dalam sistem Android tersebut. Apakah sobat ingin mempunyai hak sepenuhnya terhadap ponsel Android sobat?

Root-Android

Seputar Kelebihan dan Kelemahan Root

Berkaitan dengan kelebihan, aktivitas rooting pada Android ini akan memberikan kemudahan bagi sobat untuk bisa leluasa menggunakan ponsel Android. Selain itu root juga akan memberikan kebebasan kepada sobat untuk menginstal aplikasi root explorer dan font changer, yang mana kedua aplikasi tersebut hanya dapat dilakukan pada Android yang sudah di root. Aktivitas root juga akan memudahkan sobat jika ingin memindahkan aplikasi ke microSD, serta melakukan overlocking CPU Android. Sementara itu kelemahan root ini adalah sobat akan kehilangan masa garansi karena segel yang ada pada Android terbuka. Maka dari itu, hal-hal yang perlu anda perhatikan jika ingin melakukan root sebaiknya bukan pada Android terbaru. Selain itu sobat juga sebaiknya menggunakan aplikasi khusus yaitu aplikasi unlockRoot di komputer sehingga sobat tidak perlu kehilangan masa garansi walaupun melakukan root.

Langkah-Langkah Root Dengan UnlockRoot

  • Masuklah dalam official website dari UnlockRoot. Setelah itu, pilihlah opsi aplikasi UnlockRoot Pro versi gratis. Unduh dan instal di komputer sobat.
  • Jika selesai di download serta diinstal di komputer, maka beralih ke perangkat Android sobat. Masuklah dalam menu setting pada ponsel Android, kemudian pilih opsi Application, ke Development, lalu centang pilihan USB debugging.
  • Langkah selanjutnya yaitu koneksikan perangkat Android ke komputer menggunakan kabel USB.
  • Buka aplikasi UnlockRoot di komputer. Jika muncul tombol Root, tekan pada tombol itu.
  • Setelah itu akan muncul perintah Reboot Android. Tinggal pilih OK maka Android anda telah di rooting.