Amerika Serikat Akan Mengganti BlackBerry dengan iPhone

iphone-5-vs-blackberry-z10

iphone-5-vs-blackberry-z10

Lembaga keamanan pemerintah negara Amerika Serikat (AS) akan berhenti menggunakan gadget BlackBerry sebagai alat dan sarana untuk berkomunikasi. Pihak pemerintah Amerika Serikat bakal mengganti alat tersebut yang dimiliki oleh pihak keamanan tersebut dengan perangkat produksi dari perusahaan asal negara Korea Selatan yang bernama Samsung.

Seperti yang dikutip dari Cnet, pada Jumat 19 Juli lalu, dikabarkan Samsung telah hampir menyelesaikan kesepakatan pertamanya dengan pemerintah Amerika Serikat untuk mulai menyuplai beberapa perangkat Android. Dan sebelumnya, Samsung juga telah lulus uji sistem keamanan dari Pentagon sendiri. Ada dua lembaga keamanan Amerika Serikat yang diketahui bahwa akan menggunakan perangkat dari Samsung, dua lembaga tersebut adalah FBI dan US Marine (Angkatan Laut). Dikabarkan, Samsung telah berhasil melakukan negosiasi skala besar dengan pihak FBI. Lalu sedangkan Angkatan Laut nantinya akan menyusul melakukan pembelanjaan dengan porsi yang mungkin lebih sedikit daripada jumlah pembelanjaan FBI.

Seorang sumber telah mengungkapkan bahwa nantinya semua perangkat – perangkat Samsung tersebut akan dilengkapi dengan solusi sistem keamanan dari fasilitas yang bernama Knox. Melalui Knox, maka Samsung coba memecahkan anggapan yang telah menyebut ponsel Android adalah ponsel yang rentan terhadap invasi virus dan malware program (program jahat). Knox saat ini diklaim mampu melindungi data dan aplikasi yang ada pada ponsel, mulai dari data pada email, browser, isi kontak, kalender, file dan dokumen penting, hingga berbagai macam aplikasi bisnis. Sistem Knox juga disinyalir telah memiliki enkripsi AES 256-bit, artinya enkripsi tersebut mampu menciptakan sebuah jaringan virtual privat melalui sebuah aplikasi dan juga meningkatkan kontrol dari manajemen perangkat.

Beberapa tahun yang lalu, BlackBerry juga telah menguasai pemerintah AS. Bagaimana bisa dikatakan tidak, perangkat buatan mereka itu digunakan secara eksklusif oleh pihak–pihak yang berperan penting dan digunakan oleh beberapa lembaga. Namun sayangnya BlackBerry mengalami sedikit kesulitan terkait masalah kontrak dengan pemerintah Amerika Serikat dalam beberapa tahun belakangan ini.

Di bulan Oktober tahun 2012, Pentagon mengumumkan bahwa akan membuka kontrak secara eksklusif BlackBerry dengan vendor lain. Dan di bulan yang sama, salah satu lembaga keamanan di Amerika Serikat memutuskan untuk mengganti BlackBerry dengan iPhone.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*