Masalah pada Android yang Diungkap oleh Kaspersky

SMS-Trojan-di-Android

Sejak pertama kemunculannya, Android telah menarik begitu banyak perhatian, dan hingga saat ini android merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan atau dipakai pada berbagai perangkat. Ditengah maraknya penggunaan sistem android, hal ini dimanfaatkan oleh para pelaku tindak kejahatan di dunia maya untuk melakukan berbagai aktivitas kejahatan terhadap Android. Para pelaku kejahatan tersebut bisa saja berasal dari pesaing-pesaing android atau dari mereka yang tidak senang dengan keberadaan android. Kaspersky (sebuah sistem keamanan internet) menyampaikan bahwa setidaknya terdapat empat masalah yang akan menghantui para pengguna OS (operation system) Android.

SMS-Trojan-di-Android

Tindak kejahatan pertama adalah pelaku criminal di dunia maya dapat melakukan akses data korban yang memiliki ponsel dengan basis Android melalui SMS Trojan. Stefan Tanase seorang Senior Security Research Global Research and Analysis pada tim Kaspersky mengatakan bahwa para penjahat tersebut mengirimkan secara serentak SMS kepada para pengguna Android dan ternyata sms tersebut berisi virus Trojan yang cukup berbahaya. Tujuan dari pengiriman sms tersebut biasanya adalah agar para pengguna memakai fasilitas sms premium.

Tindak kejahatan kedua adalah dengan cara memasang Adware. Melalui cara ini, si penjahat memaksa pengguna untuk masuk ke sebuah web atau situs danĀ  para penjahat tersebut akan mendapatkan uang setiap kali pengguna melakukan klik.

Tindak kejahatan ketiga adalah dengan cara Spyware. Cara ini dilakukan biasanya untuk mencuri sejumlah data. Dan tindak kejahatan keepat adalah eksplorasi rooting.

Kaspersky juga tengah melakukan pemantauan terhadap malware yang kerap mengintai para pengguna Android. Perusaaan antivirus yang berbasis di Rusia itu memperkirakan terdapat lima sumber malware yang biasanya bersarang. Kelima sumber itu adalah Google Play, situs yang terdapat malicious di dalamnya, Unoficcal Market, Physical acess device, dan Spam melalui email, Instant Messaging dan SMS.

Stefan memberikan berbagai saran agar pengguna Android terhindar dari masalah tersebut, misalnya dengan meminimalkan rooting atau jailbreak, dan harus waspada penuh saat melakukan download, meski download yang dilakukan adalah download di toko aplikasi yang resmi sekalipun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*