Transfer File Menggunakan FTP Ala Oppo Find Muse

Untuk melihat dan menambah maupun melakukan proses pemindahan file dari HP ke PC, biasanya kita mneggunakan koneksi Bluetooth maupun kabel data. Konektivitas menggunakan kabel data adalah langkah yang paling disukai oleh banyak pengguna smartphone, karena dianggap paling praktis. Namun kini fitur WiFi juga dapat mendukung aktivitas transfer data dengan mudah. Tips dan trik Android kali ini akan membahas bagaimana memindahkan file menggunakan WiFi, seperti yang ada pada HP Oppo Find Muse.

oppo find muse_2

FTP (File Transfer Protocol adalah sebuah fitur file manager yang biasanya terdapat pada website, untuk menampilkan dan merubah file pada isi hosting cpanel menggunakan akses dari sebuah PC. Pada Oppo Find Muse, kita dapat mengaktifkan fitur FTP-nya, sehingga isi dari HP ersebut dapat diakses dan dijalankan dari PC Anda. Tips dan trik Android yang satu ini meman tidak dapat dijalankan di semua smartphone.

Mengapa Menggunakan FTP?

Sederhana, dengan menggunakan tips dan trik Android yang satu ini, Anda tidak perlu mencari kabel data untuk menghubungkan HP kesayangan dengan sebuah PC untuk mengubah file yang terdapat di dalamnya. Koneksi nirkabel yang lain, Bluetooth, dirasa kurang efektif karena tidak dapat menampilkan keseluruhan isi file manager, bukan? Dengan menggunakan WiFi dan FTP, maka Anda dapat mengubah berbagai file pada HP kesayangan dengan mudah, karena penggunaan FTP ini turut menampilkan daftar file layaknya file manager. Kini, bagaimana langkah untuk melakukan tips dan trik Android yang satu ini?

Langkah-Langkah Menggunakan FTP dan Mengakses File Pada HP

  1. Buka Akses “Menu” – “File Manager” pada HP kesayangan Anda. Langkah ini akan membuat Anda melihat sebuah kategori dengan file pada SDcard atau pada memori internal. Pada bagian bawah layar terdapat dua pilihan, yaitu FTP dan DLNA.
  2. Pilih FTP, kemudian konfirmasikan pilihan Anda dengan mengakses “Start Service”. Anda akan dialihkan ke layar dengan alamat FTP spesifik.
  3. Lanjutkan tips dan trik Android ini dengan mengakses PC. Buka browser pada PC atau laptop. Pada halaman browser bagian address, ketikkan alamat FTP yang tertera pada langkah nomor 2.
  4. Anda akan segera terhubung dengan FTP yang dapat menampilkan isi file manager HP Anda. Ketika telah terbuka, Anda dapat langsung menjalankan (Open) beberapa file, seperti file MP4Tips dan trik Android ini selesai, ANda dapat melakukan perintah biasa pada file manager untuk mengelola file yang terdapat pada HP kesayangan Anda. Perintah sederhana seperti Open, Copy, Cut dan Paste tentunya akan dapat dilakukan dengan semakin mudah menggunakan WiFi dan FTP.

Kesimpulan

Tips dan trik menggunakan FTP untuk mengakses isi file pada HP kesayangan seperti Oppo Find Muse memiliki beberapa nilai plusnya tersendiri. Kita dipermudah dengan tampilan ala file manager pada PC, tanpa harus pairing dengan menggunakan kode yang notabene lebih repot, juga tidak melakukan proses transfer datu per satu. Menggunakan WiFi untuk mengolah data juga menjadi keunggulan tersendiri karena komunikasi nirkabelnya yang lebih praktis. Hanya saja, tips dan trik Android yang satu ini membutuhkan perangkat lain (komputer atau laptop) yang juga telah mendukung penggunaan WiFi. Jadi PC Anda sebaiknya dilengkapi dengan WiFi adapter, jika Anda lebih suka menggunakan PC daripada laptop.

Memang tidak banyak smartphone yang menyuguhkan layanan FTP untuk mengakses file mereka ala file manager dari PC. Namun beberapa ponsel telah menyematkan fitur ini, dan salah satunya adalah Oppo Find Muse. Jika Anda tertarik menerapkan tips dan trik Android ini, alangkah baiknya bagi Anda untuk mengecek ketersediaannya pada perangkat kesayangan. Ingat, tidak semua smartphone mendukung layanan file manager dengan media WiFi dan FTP.

Jika smartphone Anda telah dilengkapi dengan fitur ini, tidak ada salahnya mencoba, bukan? Berbagai keunggulannya pasti akan dapat langsung Anda rasakan, tanpa perlu repot-repot terhubung menggunakan kabel data maupun koneksi Bluetooth. Dengan menggunakan fitur ini, Anda tidak hanya dapat mengubah isi pada smartphone kesayangan, namun juga dapat langsung membuka filenya, menonton video dan mendengarkan musik yang terdapat pada HP, namun diakses dari PC. Selamat mencoba!

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*