Moto X Dibuat Untuk Membunuh iPhone?

Moto X resmi dirilis kamis kemarin. Banyak hal baru dan menarik yang diusung smartphone ini, salah satu isu hangat yang berkembang bahwa Moto X dibuat untuk menekan iPhone atau lebih tepatnya anti iPhone. Munculnya julukan tersebut bukan tanpa alasan. Semua yang dimiliki oleh Moto x tidak ditemukan di iPhone. Sobat bisa lihat dari keleluasaan yang ditawarkan Motorola kepada konsumen untuk melakukan kustomisasi warna dan material yang mana tidak dimiliki oleh iPhone. Moto X juga menawarkan fitur hardware yang solid walaupun tidak termutakhir, kemudian menawarkan sistem operasi yang terbuka untuk berbagai platform di ratusan ponsel daripada hanya mendesain sistem operasi untuk satu perangkat.


Sederhanya barangkali Moto X adalah ilustrasi terbaik yang menggambarkan perbedaan filosofi antara Google dan Apple. Google lebih suka membuat produk yang lebih dekat kepada konsumen dan membiarkan konsumen memegang kendali. Sementara Apple lebih suka menyiapkan produk jadi yang sudah didesain oleh pengembang mereka lalu melepas ke pasaran tanpa melibatkan konsumen secara intens.

Di smartphone Moto X ini, bila sobat berencana untuk membelinya nanti sobat bisa melakukan kustomisasi seperti material bagian belakang, desain pinggiran ponsel, wallpaper hingga inisial ponsel. Material yang santer terdengar sedang disiapkan terbuat dari bahan kayu dan bambu.

Sayangnya harga yang dibanderol tidak sesuai dengan rumor yang beredar. Moto X dibanderol $199 dengan durasi kontrak selama 2 tahun, harga tersebut adalah harga standar smartphone berkualitas lainnya. Disayangkan juga ternyata Motorola menggandeng Verizon untuk memasarkan Moto X, padalah strategi itu juga dilakukan oleh Apple, HTC dan SamsungĀ  .

Konsep yang diusung Moto X dipercaya dapat merubah cara sebuah perusahaan dalam memproduksi dan memasarkan produk ke konsumen, berhasilkah cara ini? Atau mampukah Moto X menjadi ponsel yang akan menjatuhkan iPhone? Butuh waktu untuk melihat hasilnya. Bagaimanapun Motorola adalah beban tambahan bagi Google, apalagi di kuartal kedua tahun ini Google merugi lebih dari $342 juta. Angka itu bukanlah jumlah yang sedikit, dampaknya mungkin tidak seburuk itu namun pastinya cukup memberatkan.

Apapun kekurangan dan kelebihan yang melekat di Moto X, paling tidak smartphone ini membawa warna yang berbeda. Apakah mampu menjadi pembunuh iPhone? Kita lihat saja.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*