Tips Menggunakan Kamera DSLR Agar Lebih Awet dan Tidak Cepat Rusak

Kamera merupakan perangkat elektronik yang memerlukan perhatian khusus. Hal ini disebabkan karena komponen di dalamnya merupakan barang-barang yang sensitif dan mudah rusak. Jika sudah rusak, hal ini mungkin saja membuat kamera DSLR rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Oleh sebab itu, jika Anda termasuk salah satu pengguna kamera DSLR, berikut ini beberapa tips untuk merawat kamera Anda supaya lebih awet.

Menggunakan Kamera DSLR Dengan Benar

Banyak orang yang seringkali tidak mematikan kamera saat mencabut baterai atau mehubungkan kamera ke komputer dengan kabel USB. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena kamera memiliki komponen yang cukup sensitif dengan perubahan arus listrik. Bahkan, hal ini bisa menyebabkan salah satu komponen menjadi rusak dan tidak berfungsi lagi.

Salah satu hal yang harus diketahui oleh pengguna DSLR saat menggunakan kamera adalah memahami aturan tentang mengganti lensa. Mengganti lensa tidak hanya sekadar membuka dan memasang kembali. Anda harus benar-benar memperhatikan saat melakukan penggantian lensa karena jika Anda melakukannya tidak benar, resiko yang paling sering terjadi adalah sensor dan lensa akan kemasukan debu.

Saat menggunakan kamera, sebaiknya Anda juga memasang tali kamera untuk meminimalisir kemungkinan kamera jatuh tanpa disengaja. Ada dua cara untuk mengenakan tali yaitu dengan cara dikalungkan dan dengan cara melilitkannya di tangan kanan. Dengan cara ini, kamera Anda tentu akan lebih aman.

Ketika suatu saat Anda mengalami zoom atau focus agar keras atau tersendat saat diputar, jangan memaksakan untuk memutarnya. Jika dipaksakan, hal ini bisa menyebabkan bagian di dalamnya patah. Untuk mengatasinya, Anda bisa membawanya ke service centre terdekat.

Tempat penyimpanan kamera DSLR harus benar-benar diperhatikan. Biasakan untuk menyimpannya di tempat kering, tidak terkena sinar matahari langsung, dan tidak lembab. Saat bepergian, Anda bisa menggunakan tas yang berkualitas.

Selain menyimpan di tempat yang benar, kebersihan lensa kamera juga harus diperhatikan agar tidak jamuran. Gunakan cairan khusus pembersih lensa untuk membersihkannya. Namun jangan langsung disemprot ke lensa tetapi ke lap microfiber terlebih dahulu baru diusapkan ke lensa. Selain lensa, sensor kamera juga tidak kalah penting untuk dijaga kebersihannya.

1 Comment on Tips Menggunakan Kamera DSLR Agar Lebih Awet dan Tidak Cepat Rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*