Twitter Dapat Digunakan Sebagai Media Untuk Memanipulasi Publik

Banyak cara yang digunakan untuk media komunikasi politik. Salah satunya melalui twitter. Situs jejaring sosial ini terbukti sangat ampuh untuk mendulang massa. Salah satu contohnya adalah kampanye pemilihan umum Presiden Amerika Serikat pada tahun 2009 lalu. Barack Obama memanfaatkan twitter sebagai salah satu kampanye politiknya.

Berdasarkan situs teknologi CNet mengatakan bahwa jejaring sosial akan sangat menentukan pemilu Presiden AS tahun 2012. Karena harga iklan di televisi kian mahal, maka disebut-sebut bahwa media sosial menjadi sarana kampanye yang paling efektif. Karena Twitter sangat terbukti ampuh untuk mengumpulkan dan memobilisasi massa. Situs microblog yang memiliki 140 karakter ini merupakan basis arus informasi, dimana berita akan sangat mudah menyebar melalui re-tweet yang dilakukan pembaca.

Twitter

Sehingga banyak politikus lain dari berbagai negara yang meniru dalam mengkampanyekan misinya secara online. Namun sisi negatifnya adalah banyaknya bermunculan pihak-pihak yang berusaha untuk memanipulasi opini publik.

Salah satu contoh manipulasi yang dilakukan lewat jejaring sosial adalah dengan adanya akun-akun anonim dalam jumlah yang besar. Jika dilakukan dalam skala yang besar maka akan terjadi monopoli informasi  sekelompok tertentu yang dapat menyesatkan melalui Twitter.

Twitter adalah sebuah jejaring sosial dimana seperti sebuah ruang chatting raksasa, dimana dengan adanya manipulasi informasi yang salah dari sekelompok orang maka akan menjadi bahan pembicaraan semua orang.

About Nusantara 34 Articles
Nusantara adalah salah satu penulis yang cinta sekali dengan Negara Indonesia, karena itu di setiap member online dia memilih menggunakan username nusantara demi kecintaannya terhadap negeri ini. Selain itu dia bercita-cita ingin memajukan Bangsa Indonesia menjadi negara yang disegani di seluruh dunia!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*