Android 4.4 KitKat Akan Hadir Oktober 2013?

Android KitKat

Pengembang sistem operasi Android akan segera meluncurkan versi terbarunya. Update mayor bertajuk Android 4.4 KitKat ini akan segera menggantikan kehadiran Android 4.1 Jelly Bean, yang merupakan versi terakhir dari sistem operasi tersebut. Android 4.4 KitKat ini sendiri diperkirakan akan rilis pada pertengahan bulan Oktober 2013 mendatang.

Android KitKat

Meskipun belum ada pernyataan resmi dari pihak Android, namun sejumlah bocoran mengenai spesifikasi dari sistem operasi versi terbaru itu sudah beredar di internet. Beberapa gambar yang muncul menunjukkan perubahan desain pada sistem operasi Android 4.4 KitKat ini, terutama pada beberapa fitur.

Seperti terlihat pada gambar-gambar tersebut, sistem operasi ini memberikan desain ulang tampilan panggilan telepon dan aplikasi pesan pada gadget yang menggunakannya. Papan panggilan pada perangkat berbasis Android 4.4 KitKat akan memiliki skema warna yang terang, sedangkan kontrol pada aplikasi pesan berpindah ke bagian atas kanan dari sebelumnya di bagian bawah. Kemudian, warna ikonnya juga jauh lebih terang.

Vice President Android, Sundar Pichai, ternyata juga memberikan penjelasan mengenai sistem operasi Android 4.4 KitKat melalui akun Google Plus miliknya. Bersamaan dengan itu, staf Google yang juga membawahi Chrome dan Google Apps tersebut juga mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan patung Android KitKat berwarna coklat sedang berdiri di halaman kampus Google di Mountain View, Amerika Serikat.

Sebelumnya, juru bicara Google memang telah memberitahukan bahwa perusahaan tersebut berhasil menjalin kerja sama dengan perusahaan Nestle, yang memiliki brand KitKat. Dengan kerja sama itu, Google berhak menggunakan merek KitKat pada nama sistem operasi Android terbaru, dan memasang logo Android di kemasan makanan ringan tersebut. Hebatnya, Google sama sekali tidak mengeluarkan dana sepeser pun untuk itu.

Sistem operasi versi terbaru dari Android sebelumnya sempat diisukan akan bernama Android 5.0 Key Lime Pie. Namun, sepertinya Google lebih memilih untuk meluncurkan Android 4.4 KitKat terlebih dahulu sebagai langkah marketing mereka. Sedangkan mengenai Android 5.0 Key Lime Pie belum diketahui lagi kabarnya hingga saat ini.

Sistem operasi Android 4.4 KitKat itu sendiri kabarnya akan diusung oleh gadget Nexus 5 saat peluncurannya nanti. Setelah itu, perangkat Nexus 10 diperkirakan juga akan menggunakannya. Rumor lainnya, malah vendor bernama Pantech yang pertama kali akan menggunakan Android versi teranyar itu, pada smartphone Pantech Vega Iron.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*