Top 10 Kampus Penghasil CEO Perusahaan Teknologi di Dunia

Sudah banyak list top 10 kampus ternama dunia yang dirilis beragam lembaga pendidikan maupun lembaga lain terkait. Kali ini, situs ekonomi sekaliber Bloomberg tidak mau kalah dengan merilis daftar 10 kampus ternama dunia.

Adapun list kampus ternama dunia ini dirilis dengan tolok ukur para alumninya yang kini menjabat sebagai CEO di beragam perusahaan yang menjadi terdepan di dunia teknologi.

Inilah list 10 kampus ternama dunia yang dirilis oleh Bloomberg:

1. Princeton University

Princeton University

Dan universitas inilah yang menduduki peringkat pertama dalam list kampus ternama dunia. Dengan jebolannya yang menduduki jabatan CEO di Hewlett-Packard (Meg Whitmann) dan Pandora Media (Joe Kennedy) tidak diragukan lagi kualitasnya yang membuat kampus ini menjadi pemuncak di antara kampus lain.

2. Stanford University

Stanford University

Selain dari Marissa Mayer yang menjabat sebagai CEO untuk Yahoo! setelah sebelumnya menjadi orang pertama sebagai insinyur perempuan di Google, masih ada beberapa nama lagi yang meraih gelar sarjananya di kampus satu ini.

3. Harvard University

Harvard University

Mark Zuckerberg adalah salah satu contoh mahasiswa dari universitas ini. Walaupun tidak sempat menyelesaikan studinya, dia dikenal sebagai CEO Facebook. Terdapat 19 alumni dari kampus ini yang berhasil menjadi CEO ternama di beragam perusahaan teknologi dunia.

4. University of Michigan

University of Michigan

Semua pasti sudah pernah mendengar perusahaan bernama Disdus? Perusahaan yang dipegang oleh Groupon ini memiliki CEO lulusan dari kampus ternama dunia satu ini. Adalah Eric Lefkofsky yang dipercaya menjabat sebagai CEO di perusahaan tersebut. Selain itu, Bobby Kotick (Activision Blizzard) pun sempat belajar di universitas ini walaupun tidak sempat menyelesaikan pendidikannya.

5. University of California

University of California

Kampus ternama dunia ini berkedudukan di Berkeley. Cukup banyak alumninya yang menjabat sebagai CEO di perusahaan raksasa teknologi dunia saat ini. Salah satunya adalah Sanjay Mehrotra yang menjabat di perusahaan sekelas SanDisk, dan Paul Jacobs di Qualcomm.

6. Marquette University

Nama kampus ternama dunia satu ini memang mungkin agak jarang terdengar di dunia edukasi Indonesia. Namun, bukan berarti jebolannya bukan jempolan. Ralph Quensey menjadi salah satu alumnus yang dinilai paling sukses, dengan jabatan sebagai CEO di TriQuint Semiconductor. Perusahaan yang disebut tersebut adalah salah satu produsen utama untuk komponen elektronik perusahaan teknologi sekelas Apple.

7. University of Texas

Kampus berikutnya yang masuk ke dalam daftar adalah universitas yang berada di Austin ini. Alumnus yang paling terkenal adalah Michael Dell. Siapa yang tidak tahu pria pendiri dari perusahaan teknologi ternama Dell ini?

8. Technion Israel Institute of Technology

Setelah dua peringkat terbawah diduduki kampus dari Amerika Serikat, kini Technion asal Israel masuk ke jajaran kampus ternama dunia. Dengan jebolannya yang menduduki jabatan CEO Stratasys, David Reis, Technion berhasil masuk ke list bergengsi ini. FYI, David Reis adalah pencetus printer 3 dimensi.

9. Rice University

Berikutnya dari list kampus ternama dunia adalah universitas yang berdomisili di kota Houston. Adapun untuk para alumninya adalah Lanham Napier dari Rackspace Hosting. Selain Lanham, terdapat juga nama tenar macam Mark Duncan dari Micron Technology dan Jim Whitehurst yang menjabat di Red Hat.

10. Massachussets Institute of Technology (MIT)

Kampus swasta ini berbasis di Boston dan sudah mengeluarkan jebolan ternama macam Eugene Hall yang menjabat sebagai CEO di Gartner. Tidak hanya itu, nama beken Michael Saylor (Micro Strategy) dan Vivek Ranadive (Tibco Software) juga alumni yang keluar dari MIT.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*