Cara Membuat Ringtone di Nokia Lumia

7ebe58b9-c424-4cca-8f93-64c57902aa88Memiliki ringtone yang berbeda dan lain dari yang lain merupakan suatu kesenangan tersendiri, pastinya sobat juga pernah mengalami hal serupa saat menjadi perhatian banyak orang ketika ponsel sobat berbunyi dengan nada dering yang unik dan lucu. Tapi untuk mendapatkan ringtone yang lucu bukanlah perkara mudah.

Pada smartphone, ringtone atau nada dering tidak lagi standar. Anda dapat mengatur serta mempersonalisasikannya dengan sedemikian rupa, agar lebih menarik serta atraktif lagi. Bahkan, anda juga dapat menerapkan nada dering atau ringtone yang berbeda untuk setiap nomor di contact ponsel. Selain dapat memakai ringtone standar, anda juga bisa mengatur nada ringtone memakai lagu – lagu favorit selera anda, termasuk full track.

Bahkan untuk ponsel pintar premium, anda juga dapat memakai video untuk dijadikan ringtone. Lalu, bagaimana bila anda ingin memakai ringtone atau nada dering dari lagu favorit, namun hanya bagian reffrain/reffnya saja?. Dalam kasus ini, kita harus memotong lagu tersebut pada bagian yang diinginkan. Biasanya, proses pemotongan lagu ini dilakukan memakai aplikasi khusus yang ada di komputer/PC. Namun, saat ini anda dapat mengedit lagu serta memotongnya untuk dijadikan sebuah ringtone atau nada dering langsung dari ponsel.

Untuk pengguna ponsel pintar Nokia Lumia, anda bisa menggunakan salah satu aplikasi/software yang bisa digunakan untuk membuat ringtone, yaitu ‘ringtone maker’. Aplikasi buatan Nokia Corporation ini dapat didownload langsung dari windows store, kapasitas filenya kurang lebih 3 MB. Aplikasi ini langsung terintegrasi dengan data musik/audio yang ada di dalam ponsel, serta sudah mendukung berbagai format audio, seperti MP3, M4A, AAC, WMA, dan M4R. untuk anda yang ingin mencoba aplikasi ini, berikut step-step panduannya :

  • Unduh dan install aplikasi ‘ringtone maker’ langsung dari windows store.
  • Sesudah terinstal, anda dapat langsung mengoperasikannya.

543d0215-5f6f-4f85-b370-525f00d48833

  • Jalankan aplikasi, lalu pilih ‘pick a song’ (untuk menentukan lagu). Ada juga dapat memanfaatkan mode ‘search’ untuk penarian cepat dalam memilih lagu favorit anda.

f32e5c2c-cc05-4db3-a6d4-4e40a9ef9a60

  • Kemudian merupakan proses editing ringtone. Anda dapat menentukan mulai dari mana audio akan dipotong. Caranya cukup dengan menggeser icon bar yang ada pada track lagu di bagian paling kiri.
  • Untuk menentukan ending dari ringtone tersebut, silahkan geser icon bar yang paling kanan pada track lagu.
  • Setelah proses selesai, maka anda bisa mendengarkannya dengan menekan tombol ‘play’.
  • Bila ringtone tersebut sudah pas, maka silahkan klik ‘save’

9af6bbd7-47fa-4939-b969-70a0ce26e324

Sekarang anda sudah memiliki nada dering karya anda sendiri dari ponsel pintar anda, selamat mencoba.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*