Respon Touchscreen iPhone Dua Kali Lebih Cepat Dibandingkan Window Phone & Android

semakin rendah lebih baik

Pernahkah Anda berpikir seberapa cepat respon dari layar sentuh smartphone Anda? Walaupun respon dari layar sentuh smartphone papan atas saat ini memang sudah cukup nyaman bagi para penggunanya, ternyata faktor ini cukup penting dalam penggunaan ponsel pintar ketika menulis tangan menggunakan stylus. Baru-baru ini diumumkan sebuah tes untuk mengetahui kemampuan responsif dari layar sentuh yang ada.

semakin rendah lebih baik
semakin rendah lebih baik

Proses tes kemampuan tersebut diberi nama TouchMarks. Sistem tes respon ini menggunakan basis board Arduino. Lebih detilnya, tes ini akan juga akan direkam dengan video slow motion 240fps dan pengulangan lebih dari 50 kali untuk menjamin hasil yang didapatkan. Adapun alat yang digunakan disebut Touchscope, perpaduan ‘force sensor’ pada aarung tangan beresistor dengan ‘light sensor’ yang dihubungkan pada layar. Kedua sensor akan mengukur perbedaan waktu antara sentuhan sarung tangan beresistor dengan dimulainya respon dari layar sentuh dengan indikator cahaya. Hasil tes ini nanti akan diukur dalam unit milisekon (ms.)

Dari hasil tes TouchMarks ini, gadget keluaran Apple memiliki kecepatan respon tertinggi. Dengan hasil 55ms untuk kecepatan respon layar sentuh iPhone 5, hasil tersebut menunjukkan bahwa smartphone ini dua kali lebih cepat dibanding smartphone keluaran lain semacam Samsung S4 (114ms) maupun Nokia Lumia 920 (117ms.) Bahkan, mantan flagship iPhone 4 pun masih menang dengan hasil 85ms.

Apakah pengaruh kecepatan respon ini dengan kinerja ponsel pintar? Dengan kecepatan respon sekitar 100ms, ketika menggunakan layar sentuh ini untuk menulis, akan ada ‘jejak’ sentuhan karena delay respon yang terjadi. Hal ini tidak akan terlalu signifikan terlihat di kecepatan 50ms, kecepatan pada smartphpne iPhone 5 ini. Sedangkan kemampuan ideal respon adalah 1ms, dimana jejak delay tidak akan tertangkap mata manusia sama sekali. Walaupun kemampuan iPhone saat ini masih jauh dari angka ideal tersebut, sepertinya Apple akan menggebrak dunia layar sentuh dalam beberapa tahun ke depan.

Sistem tes TouchMarks ini termasuk salah satu sistem tes yang paling mudah diterapkan. Perlengkapan TouchScope sendiri merupakan perlengkapan yang dapat dirakit sendiri oleh pengguna, dengan sedikit pengetahuan elektronika yang cukup intermediate.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*