Cara Menghapus Semua Data Di Android

Cara Menghapus Semua Data Di Android

Perangkat Android, sama seperti smartphone lainnya telah meningkatkan kapasita penyimpanan, mengijinkan pengguna untuk menyimpan dokumen pribadi mereka, music dan video pada perangkat agar lebih mudah untuk diakses.

Cara Menghapus Semua Data Di Android

Dalam suatu kasus,saat  Anda ingin mem-flash software baru ataupun ingin menjual Android Anda, maka mungkin Anda ingin memformat perangkat Android Anda dan menghapus penyimpanan hingga bersih. Nah, dalam artikel ini kita akan cari tahu bagaimana cara menghapus semua data di Android secara total.

Catatan >>

Sebelum Anda menghapus semua hal pada perangkat Anda, sangat dianjurkan untuk membuat backup dari kontak, dokomen-dokumen penting serta file media baik ke komputer Anda atau bisa juga Anda simpan pada memori card external.

Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

1. Setelah semuanya di backup dan Anda sudah siap untuk menghapus perangkat Anda hingga bersih, selanjutnya masuk ke halaman Settings, baik melalui app drawer ataupun dengan menekan menu key dan memilih Setting dari popup.

2. Pada halaman setting, scroll ke bawah untuk melihat sebuah opsi bernama “Backup & Reset”, kemudian pilih untuk melanjutkan.

3. Pada layar selanjutnya, Anda akan menemukan sebuah pilihan bernama “Factory data reset” pada tab Personal Data. Dengan memilih opsi tersebut tidak akan secara otomatis memulai proses format, jadi jangan khawatir dan tetap lanjutkan.

4. Layar selanjutnya akan memberitahu Anda bahwa melanjutkan akan menghapus seluruh data dari penyimpanan internal ponsel Anda. Ini termasuk informasi personal Anda, konfigurasi perangkat, data akun, email serta aplikasi yang telah Anda download. Pada layar juga akan menampilkan akun-akun yang terdapat pada perangkat Anda, misalnya akun Google atau Skype Anda.

5. Dibagian bawah layar Anda bisa melihat tombol “Reset Phone”. Menekan tombol itu akan menghapus seluruh data yang disebutkan diatas, tetapi file media dan data lain di SD Card tidak akan terhapus. Untuk menghapusnya, Anda bisa scroll kebawah dan cek list opsi “Erase SD card”.

6. Sekarang tekan tombol Reset Phone dan biarkan system operasi menghapus bersih perangkat Anda. Setelah penghapusan, perangkat Anda akan terlihat seperti saat baru.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*