Cara Memperbesar Widget Pada Android

Cara Memperbesar Widget Pada Android

Sistem operasi Android telah menjadi salah satu dari yang popular ketikan merambah dunia smartphone dan alas an utama dibalik kepopulerannya adalah kemungkinan kustomisasi yang dibawanya bila dibandingkan dengan system operasi lain, yang lebih kurang terjebak dengan elemen-elemen antarmuka yang dikembangkan oleh produsen. Terlepas dari banyaknya homescreen, yang pada dasarnya tampil kecil, yang bisa langsung, dan menampilkan informasi penting diekstrak dari aplikasi inti. Maksud dibalik widget ini adalah untuk menampilkan data yang dibutuhkan pengguna atau akses secara sering, tanpa harus menjalankan aplikasi utama.

Cara Memperbesar Widget Pada Android

Widget menjadi fitur tambahandari aplikasi utama dan dapat ditampilkan pada homescreen. Selain itu, karena tidak ada kebutuhan dai widget untuk mengambil seluruh layar, widget dapat diperbesar ukurannya dengan nyaman, memungkinkan untuk penempatan widget lain pada homescreen yang sama, mengijinkkan beberapa data diberikan dengan cepat.

Berikut ini bagaimana cara menempatkan widget dan merubah ukurannya.

INSTRUKSI

1. Widget hanya dapat diperbesar setelah Anda menempatkannya di homescreen. Asumsikan Anda telah mengatur widget untuk menampilkan informasi pada homescreen, Anda cukup tekan lama pada widget, dan setelah Anda melepas jari, Anda akan melihat perimeter persegi panjang sekitar widget bersama dengan spidol melingkar pada setiap sisi.

2. Anda bisa menempatkan jari Anda pada salah satu tanda tersebut dan tarik kea rah yang tepa untuk membuat widget menjadi lebih besar atau smaller. Bagaimanapun, Anda harus sadari bahwa beberapa aplikasi tidak memiliki resizeable widget dan yang lainnya memiliki batasan akan ukuran terbesar dan terkecil yang bisa Anda set.

3. Apabila widget yang Anda ingin resize tidak mendukung fungsi tersebut, Anda harus menginstall aplikasi pihak ke tiga yang memungkinkan Anda untuk melakukan resize widget. Pastikan Anda memiliki akses internet dan jalankan PlAY Store pada perangkat Anda.

4. Cari Nova Launcher di Play Store dan install versi gratisnya ke perangkat Anda. Setelah terdownload dan terinstall, jalankan dan masuk ke pengaturan Nova, yang dapat di akses melalui icon juga menu key.

5. Pada pengaturan Nova, Anda harus mengakses pengaturan Desktop dan scroll kebawah hingga Anda menemukan bagian icon dan widget. Anda akan melihat opsi “ Resize all widgets”, yang bisa Anda ek dan kemudian keluar dari halaman pengaturan.

6. Sekarang Anda sudah bisa me-resize setiap widget yang anda simpan di home screen menggunakan Nova Launcher.

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*