6 Tips Ampuh Merawat Laptop Baru maupun Second

laptop

Teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat setiap tahunnya. Selalu ada produk baru yang ditawarkan dengan menghadirkan sesuatu yang baru dan lebih canggih. Pengetahuan mengenai teknologi hingga cara merawat teknologi sangat dibutuhkan dan dahulu laptop menjadi barang yang sangat mewah dan hanya sedikit orang yang memilikinya. Namun kini laptop bukan jadi barang langka lagi.

laptop

Hampir semua orang memiliki komputer jinjing ini. Hal ini dikarenakan kebutuhan serta tuntutan untuk memanfaatkan teknologi ini. ketika sudah memiliki dan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang canggih ini banyak orang yang mengabaikan pentingnya melakukan perawatan terhadap barang ini. mereka hanya menggunakan sepuas mereka tanpa memperdulikan pentingnya merawat komputer jinjing ini. Kurangnya pemahaman terkait dengan pemakaian laptop yang tidak sesuai dengan prosedur membuat laptop ini tidak tahan lama dan cepat rusak. Berbagai jenis laptop mulai dari harga yang paling mahal dan yang murah sekalipun jika tidak dirawat secara baik juga tidak akan bertahan lama atau cepat rusak.

Banyak sekali kerusakan yang dialami oleh komputer jinjing ini mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan yang berat atau parah. Oleh karena itu penting sekali memperhatikan dan mengetahui tips yang baik untuk merawat laptop ini. Berikut uraiannya.

  1. Meletakkan laptop di atas benda yang keras untuk menjaga sirkulasi udara pada laptop agar tetap lancar. Hindari meletakkan laptop pada tempat yang empuk seperti bantal, sofa, atau kasur.
  2. Jangan sampai baterai dalam keadaan habis. Hal ini terkadang diabaikan mereka yang sudah terlanjur keasyikan mengoperasikan laptop.
  3. Sering melakukan defrug hardisk. Hal ini dimaksudkan untuk memperlancar kinerja hardisk dan mencegah kerusakan.
  4. Diusahakan memiliki kapasitas RAM yang besar. Semakin besar kapasitas RAM pada laptop maka akan membantu pengiritan baterai. Performa laptop akan lebih ringan sehingga akan selalu mengirit penggunaan baterai.
  5. Menjauhkan laptop dari air. Semua barang elektronik akan menyebabkan kerusakan yang fatal jika terkena air. Jika laptop terkena air sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu kemudian setelah benar-benar kering, kita bisa menggunakannya kembali.
  6. Memasang antivirus dan rutin mengupdate antivirus. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghindari virus yang masuk ke laptop kita yang kerap menimbulkan kerusakan hingga hilangnya data-data yang ada pada laptop kita.

Semoga informasi mengenai 6 Tips Ampuh Merawat Laptop Baru maupun Second ini bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*