MediaTek MT8121, Chipset Terbaru Untuk Tablet Murah

MediaTek MT8121

Setelah para pencinta gadget dimanjakan dengan performa yang mengesankan dari beberapa chipset yang sudah cukup populer seperti Qualcomm Snapdragon, Nvidia Tegra, dan Samsung Exynos pada perangkat tablet, MediaTek tampaknya akan menjadi salah satu produsen chipset yang juga layak diperhitungkan. Hal ini ini ditandai dengan peluncuran chipset terbaru dari MediaTek yaituMediaTek MT8121.

MediaTek MT8121

Chipset ini adalah chipset terbaru dari MediaTek yang dipersiapkan untuk segmen khusus tablet murah. Chipset ini nantinya juga akan didukung dengan prosesor quad-core yang telah diketahui mampu memberikan performa yang cukup baik pada tablet.

Dukungan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 pada chipset MediaTek ini diperkirakan akan memberikan tenaga yang cukup besar untuk performa optimal pada tablet low-end atau tablet dengan budget murah yang menggunakan chipset tersebut. Lebih jauh mengenai segmen dari chipset ini, MediaTek sendir secara langsung mengatakan bahwa chipset ini dirancang untuk tablet dengan harga $99 atau kisaran 1,1 juta rupiah.

Selain dirancang khusus untuk perangkat tablet dengan harga murah, chipset ini juga akan akan menghadirkan fitur yang membuatnya cukup berbeda dari chipset lainnya. Menggabungkan fitur WiFi, Bluetooth, dan fungsi GPS dalam dalam satu chip adalah fitur unggulan dari chipset MediaTek ini yang nantinya akan secara signifikan menghemat biaya produksi tablet.

Dengan menggabungan fitur – fitur tersebut dalam satu chip, solusi single-chip ini nantinya diperkirakan akan mampu bersaing dengan chipset dari beberapa produsen chipset lainnya untuk target pasar yang cukup luas seperti Qualcomm Snapdragon, Samsung Exynos, dan Nvidia Tegra. Meskipun cukup familiar untuk pasar perangkat tablet murah, teknologi yang dikembangkan oleh MediaTek ini tampaknya dipersiapkan untuk mampu bersaing dengan chipset hasil produsen – produsen besar lainnya.

Selain itu, pengembangan ini dilakukan MediaTek untuk memperkuat posisinya pada segmen pasar tablet. Bagi para penggemar tablet khususnya tablet murah, tampaknya teknology single-chipset ini baru dapat dinikmati pada tahun 2014 karena pada tahun ini chipset MediaTek ini baru akan masuk tahap produksi.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*