Jenis Software dan Berbagai Fungsinya

jenis-software

Jenis Software ada berbagai macam dan pada dasarnya perangkat lunak komputer terbagi jadi dua, yakni pembagian menurut jenis serta pembagian menurut lisensi.

jenis-software

Menurut jenisnya software digolongkan jadi :

Software Sistem

Software sistem berperan untuk mensupport dan menguasai sistem komputer serta kegiatan pengolahan pada software sistem. Dan telah memfasilitasi pemrograman, pencarian, pengujian serta perbaikan kekeliruan dalam komputer. Misalnya yaitu sistem operasi (Unix, Linux, Microsoft Windows 95-98, Macintosh, Microsoft XP, serta Novell) kemudian driver (Printer Driver, VGA Driver, serta USB Driver).

Software Pemrograman

Software pemrograman berperan untuk penyedia alat membuat software aplikasi. Terdiri atas editor area untuk mengetikan perintah bahasa pemrograman, compilater, interpreter, debugger, serta sarana yang lain. Interpreter adalah program komputer yang dipakai untuk menggerakkan program lain. Compilator adalah program komputer dipakai untuk sistem tranlasi dari intruksi yang ditulis pada satu bahasa komputer ke hasil output kedalam bahasa komputer yang lain.

Software Aplikasi

Software aplikasi di bangun untuk merampungkan pekerjaan yang khusus. Software ini dipakai untuk kepentingan usaha, otomatisasi pada industri, pengolahan data dalam database, kepentingan kesehatan, serta untuk hiburan. Hal-hal lain yang diotomatisasi biasanya memakai software aplikasi. Seluruh jenis software yang di bangun dari bahasa pemrograman memiliki tujuan tertentu. Walau juga demikian, tiap-tiap software memegang fungsi mutlak pada suatu komputer. Di luar itu, komputer akan berperan dengan baik jika didukung oleh software sistem, yakni sistem operasi. Tidak ada sistem operasi, maka software lain tak akan dapat beroperasi seperti fungsinya. Hal semacam ini karena, software sistem bertindak dalam menjembatani pada hardware dengan software yang lain yang telah dioperasikan pada komputer.

Ada juga pembagian software menurut lisensinya, diantaranya seperti berikut :

Software Komersial

Software komersial adalah software yang di jual di market. Pemakai software komersial mesti beli izin untuk memakainya terlebih dulu. Diluar itu, pemakai tak diizinkan untuk merubah, menggandakan, serta juga mendistribusikan software itu.

Free Software

Software ini dikenal sebagai open source karena penggunaan software ini berdasarkan pada lisensi open source.

Semoga info mengenai jenis software di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang mencari informasi tentang software.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*