MediaTek Rilis MT6592, Chipset Octa Core Murni Pertama di Dunia

Belum lama ini banyak berita yang beredar terkait produk terbaru dari Mediatek. Hal ini ternyata benar karena MediaTek baru saja mengumumkan chipset terbaru mereka yang akan hadir dengan prosesor true octa core pertama di dunia. Produk yang dinamai MT6592 ini nampaknya ingin membidik tablet dan smartphone kelas atas karena chipset ini menawarkan kemampuan multi-tasking yang sangat hebat.

MediaTek MT6592 vs Big Little Exynos 5

Produk terbaru dari MediaTek ini tidak sama dengan chipset 8 core milik Big Little Exynos 5 Octa dari Samsung yang digunakan pada Galaxy S4. Exynos 5 Octa tersebut memakai mekanisme 4 + 4 core sementara MT6592 ini diklaim hanya menggunakan prosesor 8 core yang mampu bekerja bersama-sama. Kemampuan yang dimiliki Exyons 5 Octa ini hanya mampu membuatnya bekerja dengan 4 core dari 8 core yang ada sedangkan pada MT6592, kedelapan core-nya bisa aktif secara bersamaan dan dapat bekerja secara bersama-sama tanpa mengalami panas yang berlebihan. Selain itu, MediaTek juga menyatakan bahwa chipset terbaru ini juga cukup efisien dalam konsumsi daya sehingga tidak akan membuat perangkat menjadi boros.

Prosesor

MediaTek MT6592 akan hadir dengan prosesor 8 core ARM Cortex-A7 yang menawarkan kecepatan hingga 2 GHz dan dibuat melalui proses fabrikasi 28 nm. Kabarnya, performa chipset ini dapat mencapai angka 30.000 poin di AnTuTu yang menandakan bahwa kemampuan chipset ini mampu mengimbangi chipset tercepat yang ada saat ini yaitu Qualcomm Snapdragon 800.

Sampai saat ini, belum diketahui secara rinci tentang spesifikasi rinci dari chipset MT6592 ini seperti informasi tentang resolusi kamera maksimal, dukungan jaringan, dan pengolahan grafis yang digunakan. Nampaknya, chipset MT6592 ini akan menjadi produk andalan dari MediaTek untuk menjadi rival kuat bagi Nvidia Tegra, Qualcomm Snapdragon, dan juga Samsung Exynos.

MediaTek saat ini memang telah berhasil menguasai sekitar 50 persen pasar smartphone kelas menengah dan kelas bawah melalui chipset besutannya seperti MT6577, MT6575, dan MT6589. Hadirnya chipset terbaru dari produsen asal Taiwan itu diharapkan dapat menjadi kunci sukses MediaTek untuk dapat merajai pasar kelas atas dan juga mengalahkan rivalnya, Qualcomm yang tengah memimpin pasar saat ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*