Benarkah Aplikasi BBM for Android Juga Mengharuskan Berlangganan BIS?

Setelah sebelumnya permasalah mengenai aplikasi lintas Android berkutat pada permasalah tanggal rilis yang masih saja ditunda pihak Blackberry, ada masalah baru yang masih menjadi tanda tanya bagi para pengguna aplikasi BBM lintas platform nantinya. Permasalahan tersebut berkaitan dengan BIS atau Blackberry Internet Service yang sebelumnya diberlakukan bagi para pengguna perangkat Blackberry.

bbm-android_1

Untuk menggunakan aplikasi BBM pada perangkat Blackberry sebenarnya menggunakan pulsa internet yang seringkali diketahui sebagai paket internet khusus Blackberry yang selama ini sudah cukup dikenal kalangan pengguna perangkat Blackberry. Namun belum diketahui secara pasti apakah para pengguna aplikasi BBM pada perangkat ponsel non Blackberry seperti Android juga akan diharuskan berlangganan BIS. Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari pihak Blackberry yang berkaitan dengan BIS untuk pengguna BBM pada perangkat smartphone non Blackberry.

Lebih lanjut pihak Blackberry yang diwakili oleh Seniro Country Product Manager Blackberry South East Asia, Ardo Fadhola, menyatakan bahwa semua kemungkinan masih terbuka ada termasuk kemungkinan untuk meniadakan BIS sekalipun. Namun saat ini pihak Blackberry sendiri belum memikirkan masalah tarif yang akan dikenakan untuk aplikasi BBM lintas platform ini mengingat mereka juga belum secara resmi melepas aplikasi ini ke pasar.

Mungkin masih terlalu jauh untuk memikirkan mengenai BIS mengingat aplikasi BBM lintas platform ini sendiri belum diluncurkan secara resmi. Masih banyak hal yang harus dikerjakan oleh Blackberry sendiri untuk mengatasi permasalahan teknis yang timbul berkaitan dengan peluncuran aplikasi ini sebelum mereka memikirkan tindakan lebih lanjut mengenai bagaimana BIS ini nantinya akan diterapkan. Dikatakan bahwa Blackberry sendiri masih belum bisa memetakan tren pasar saat ini.

Namun satu hal yang pasti bahwa Blackberry akan juga bekerja sama dengan beberapa operator mengenai masalah ini. Untuk saat ini belum para pengguna BBM lintas platform masih dapat menikmati tahap percobaan aplikasi BBM untuk perangkat smartphone Android mereka tanpa harus pusing memikirkan tarif yang akan diberlakukan.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*