Tingkatkan Daya Saing, Samsung Berencana Gandeng MediaTek

MediaTek

Untuk dapat bersaing dengan beberapa pabrikan lokal, Samsung tampaknya sudah memikirkan strategi selanjutnya yang mungkin akan meningkatkan daya saing produk – produknya di jajaran beberapa ponsel pintar terutama yang ada di kelas low-end dan mid-range. Langkah ini mungkin diambil oleh Samsung mengingat banyak komentar yang mengatakan bahwa produk ponsel pintar dari Samsung banyak yang dikategorikan sebagai overprice.

MediaTek

Tentu saja hal ini membuat Samsung bukan lagi menjadi pilihan pertama para pecinta gadget dengan budget terbatas. Itulah sebabnya Samsung mulai memikirkan cara untuk dapat juga menggaet para pecinta gadget smartphone dengan budget yang terbatas.

Kepastian mengenai kerjasama Samsung dan MediaTek ini dikuatkan dengan kabar berita yang diterbitkan oleh harian China DigiTimes bahwa Samsung dikabarkan akan menggunakan produk dari MediaTek untuk perangkat pintar mereka pada tahun depan. Meskipun kerjasama ini tampak sebagai sebuah satu langkah maju yang diambil oleh pihak Samsung, ini bukanlah kerja sama pertama oleh raksasa perangkat canggih dengan MediaTek.

Sebelumnya Sony sudah lebih dulu mengusung teknologi MediaTek pada produk smartphone Xperia C yang didukung oleh chipset MediaTek MT6589. Sesuai dengan misi awal dari MediaTek untuk membuat produk yang terjangkau bagi para pecinta gadget, Sony Xperia C ini juga ditujukan bagi para pecinta gadget yang berbudget terbatas.

Untuk Samsung sendiri tampaknya sudah menentukan chipset mana saja yang akan diusung untuk produk smartphone mereka tahun depan. Chipset tersebut adalah chipset quad-core MediaTek MT6589 dan chipset octa-core MT6592. Masing – masih chipset juga akan memiliki spesifikasi yang berbeda. Misalnya saja seri MediaTek MT6589 akan didukung oleh quad-core ARM Cortex-A7 dengan pengolah grafis PowerVR SGX544MP. Di sisi lain MediaTek MT6592 akan didukung oleh prosesor octa-core ARM Cortex-A7dengan pengolah grafis PowerVR SGX seri 6.

Meskipun berita ini tampak sedang santer diperbincangkan, namun dari pihak Samsung sendiri belum menyatakan tanggapan resmi mengenai beritak kerjasama dengan MediaTek. Kita tunggu saja apakah Samsung akan benar – benar mengusung MediaTek sebagai chipset utama untuk beberapa produk mereka.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*