Dituduh Curangi Benchmark Galaxy Note 3, Samsung Tegas Membantah

Galaxy Note 3

Selain cukup populer dengan beberapa varian produk smartphone dan tabletnya, Samsung tampaknya juga cukup populer dengan beberapa berita negatif. Setelah beberapa permasalahan dugaan kecurangan yang dilakukan oleh Samsung, kembali lagi saat ini Samsung diduga telah melakukan kecurangan pada pengukuran performa atau akrab juga disebut dengan bechmarking. Kecurangan ini tentu saja memberi keuntungan bagi Samsung.

Galaxy Note 3

Namun masih banyak pula yang kurang familiar dengan kecurangan pada benchmarking yang dilakukan oleh Samsung. Berikut adalah ulasan lebih lanjut mengenai dugaan kecurangan yang dilakukan oleh Samsung pada Galaxy Note 3.

Dengan adanya software benchmark pada sebuah perangkat seperti smartphone, para pengguna akan dapat mengetahui kualitas performa dari perangkat yang mereka miliki. Namun pada dua varian Samsung Galaxy Note 3, yaity varian Exynos 5420 dan Snapdragon 800, diketahui bahwa Samsung mengetahui akan keberadaan software benchmark ini dan membuat perangkat Galaxy Note 3 dapat secara otomatis meningkatkan  performa perangkat ini dengan cara meningkatkan tegangan dan frekuensi prosesor dan pengolah grafis yang akan menunjukkan hasil yang tinggi pada software benchmark tersebut.

Tentu saja hal ini bukanlah satu hal yang bisa dibenarkan mengingat apa yang dilakukan Samsung juga dapat diartikan sebagai “penipuan” untuk menunjukkan performa terbaik dibandingkan perangkat smartphone lainnya. Meskipun hasil kecurangan benchmark yang dilakukan oleh Samsung tidak menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan dari performa yang sesungguhnya, namun tentu saja apa yang telah dilakukan Samsung ini telah membohongi penggunanya.

Dari pihak Samsung sendiri telah menyatakan bahwa apa yang dilakukannya bukanlah upaya untuk mencurangi benchmark, namun hal ini dilakukan semata – mata untuk memberikan performa terbaik bagi para pengguna.

Meskipun Samsung telah memberikan jawaban, namun beberepa pengamat menilai pernyataan Samsung tersebut tidak cukup memuaskan untuk menjelaskan peristiwa yang terjadi ketika benchmark karena diketahui pula bahwa sebelumnya perangkat Galaxy S4 juga dituding dengan dugaan kecurangan yang sama seperti yang terjadi pada Galaxy Note 3.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*