Android merupakan perangkat smarphone dengan sistem operasi berbasis open source. Sehingga pengembang dapat dapat mengembangkan aplikasi mereka sendiri untuk dapat diaplikasikan di piranti bergerak.

Dengan Android maka pengguna akan diberikan berbagai kemudahan dari mulai jejaring sosial, koneksi nirkabel, paket data hingga entertaiment. Namun seiring penggunaannya maka akan menyebabkan Android mudah hang, kinerjanya menjadi sangat lambat bahkan sampai lemahnya respon dari layar sentuhnya.

Android Troubleshooting

Namun ada berbagai cara untuk mengatasi hal tersebut. Beberapa aplikasi dapat didownload di android market. Berikut adalah beberapa aplikasi untuk mengatasi masalah di perangkat android, diantaranya yaitu:

1. Diagnostic

Bagi pengguna smartphone Android Samsung maka aplikasi ini disediakan oleh Samsung agar pengguna dapat mendeteksi adanya permasalahan di Android kita.

Dikembangkan oleh Samsung SERI Lab, dengan ukuran 2,7 Mb. iagnostic dapat digunakan di Android 2.2 keatas, disampinh itu aplikasi ini free untuk digunakan oleh pengguna Android Samsung. Apabila terdapat kendala dalam penggunaannya maka kita dapat secara langsung menanyakannya ke teknisi melalui layanan telepon.

2. Diagnostic Doctor

Diagnostic Doctor dapat digunakan oleh pengguna yang aktifitasnya sangat tinggi, sehingga apabila menggunakan aplikasi ini maka tidak perlu khawatir lagi mengenai kondisi Android kita. Aplikasi ini dapat secara konkrit mengetahui kondisi terbaru Smartphone kita.

Diagnoctic Doctor dikembangkan oleh Zubha labs, dapat diunduh secara free dan dapt digunakan pada Android 1.6 keatas.

3. GPS Doctor

Hampir semua perangkat android memiliki fitur GPS. Namun ada kalanya sinyal GPS yang diterima oleh Android kita tidak maksimal. Untuk memaksimalkannya, kita dapat mengunduh aplikasi GPS Doctor, yang dikembangkan oleh epEK.ware.

Penggunaan aplikasi ini sangat mudah, dengan menyentuh Quick Fix maka kinerja GPS kita dapat dioptimalisasikan. Namun aplikasi ini didapatkan tidak gratis. GPS Doctor dapat diterapkan pada Android seri 1.5 keatas.

4. Droid Dream Cleaner

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mendeteksi adanya malware ataupun software yang kita unduh menyisakan virus. Sehingga secara otomatis aplikasi ini dapat menghilangkan bebagai malware sehingga Android kita dapat diminimalisir dari serangan virus.

5. Device Booster

Aplikasi Device Booster ini dikembangkan oleh Steve Imar. Dapat digunakan untuk meminimalisir kerja prosesor yang lambat. Aplikasi ini dapat diterapkan pada Android 2.0 keatas. Aplikasi ini bebas untuk diunduh dan memiliki kapasitas sebesar 727 kb.

Dengan aplikasi ini Android yang lemot dapat diatasi dengan segera.

Demikian beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh pecinta perangkat Android, sehingga kinerja Android kita dapat terjaga dari berbagai macam permasalahan.