Mengintip Keistimewaan Windows 8.1

windows-8.1

Baru-baru ini Microsoft telah meluncurkan produk terbarunya yaitu Windows 8.1 yang dapat diunduh secara gratis oleh pengguna Windows 8. Namun sayang  bagi  pemakai OS Windows versi sebelumnya harus dikenakan biaya sebesar 120 dollar AS untuk upgrading Windows 8.1 dan 199 dollar AS untuk Windows 8.1 Pro. Bagi para pengguna Windows 8 akan mendapat notifikasi di Windows Store untuk melakukan upgrading dengan ukuran sekitar 3,5 GB. Pengguna tidak perlu khawatir sebab proses upgrading ini masih mempertahankan aplikasi-aplikasi dan dokumen-dokumen yang tersimpan.

windows-8.1

Pengguna Windows 8.1 akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas dan fitur baru yang tidak terdapat ada versi sebelumnya. Salah satunya adalah kembalinya icon start yang sebelumnya ditiadakan pada Windows 8. Dengan icon start ini, akan muncul kembali ciri khas Windows yaitu tombol Start di bagian kiri bawah layar.Tampilan awalnya juga meningkat dari segi aplikasi. Pengguna dapat melakukan kostumisasi Tiles dan mengatur aplikasi  apa saja yang ditampilkan.

Keistimewaannya yang lain adalah sudah dilengkapi dengan aplikasi menarik yang sudah terinstal otomatis diantaranya Facebook untuk Windows 8.1, Netflix, NOOK, Adobe Potoshop Express, Hulu Plus dan sebagainya yang tentu saja memudahkan user untuk tidak melakukan download dan instal untuk beberapa aplikasi.

Kemampuannya lain yang istimewa yaitu dapat menjalankan banyak program secara bersamaan (multitasking) hingga mampu menampilkan empat program secara bersamaan pada layar. Bahkan sekarang ini Windows 8.1 dilengkapi dengan sistem sinkronisasi  dan memungkinkan pengguna sharing file dari perangkat yang sama misalnya pada perangkat smartphone Windows Phone.

Khusus untuk perangkat yang menggunakan kamera, sistem operasi Windows 8.1 telah memiliki kemampuan membaca bentuk tubuh penggunanya seperti Kinnect di konsol game Xbox One dan kemampuan menakjubkan lainnya yaitu mampu membidik objek tanpa membuka kunci layar. Hampir mirip dengan fitur kamera pada Android dan iOS, fitur kamera Windows8.1 saat inisudah  dapat diakses saat layar sedang dalam mode terkunci.

Xbox Music Windows 8.1 dapat mencari nama penyanyi secara otomatis atau judul lagu dan menyertakannya dalam daftar play saat lagu diputar. Selain Xbox Radio Music, aplikasi lain seperti Internet Explorer juga disematkan langsung tanpa perlu install secara terpisah. Bahkan anda diizinkan membuat stasiun radio sendiri pada koleksi musik.

Peningkatan lainnya yaitu pada Bing Smartsearch. Bing pada Windows 8.1 dapat menampilkan informasi lebih lengkap dengan menggabungkan pencarian yang dilakukan di web dan informasi serta data yang disimpan dalam komputer pengguna. Setiap hasil pencarian akan menampilkan thumbnail di sebelah kanan atas. Jadi, sudah siapkah anda menyambut Windows 8.1 yang menakjubkan?

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*