7 Trik Agar Baterai Android Awet

Baterai-Android-Awet

Baterai-Android-Awet

Android merupakan kebutuhan bagi orang-orang saat ini, banyak aktifitas yang bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone android, namun sebagai pengguna kita harus bisa menghemat baterainya, berikut 7 trik agar baterai android awet:

  1. Jaga Suhu. Ponsel yang terkena suhu panas memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk melemah daya tahannya dan lebih cepat rusak. Karenanya, jagalah suhu ponsel agar tetap dingin. Hindarkan ponsel terpapar suhu panas berlebihan maupun terkena sinar matahari secara langsung. Masukkan ke dalam tas maupun saku jika sedang berada di luar ruangan.
  2. Kurangi Brigthness Layar & Screen Timeout. Layar merupakan komponen utama yang paling banyak menghabiskan daya baterai sehingga penting sekali untuk mengurangi tingkat brighthness sesuai sampai tingkat dimana mata masih nyaman untuk melihat ke layar. Setting screen time out juga perlu dilakukan untuk berapa lama layar menyala jika tidak lagi disentuh. Sebaiknya mempersingkat waktu screen timeout agar layar segera mati jika tidak digunakan sehingga memperpanjang umur baterai.
  3. Matikan Vibrasi & Gunakan Power Saving Mode. Power saving mode ditujukan untuk menghemat penggunaan baterai. Aktifkan power saving mode, misalnya dengan mematikan koneksi Wi Fi maupun Bluetooth serta kurangi kecerahan layar. Saving mode ini sangat disarankan ketika baterai mulai melemah.
  4.  Atur vibrasi untuk panggilan atau notifikasi untuk menghemat baterai.
  5.  Matikan koneksi yang sekiranya tidak diperlukan. Konektivitas seperti Wi Fi, Bluetooth, GPS akan cepat menurunkan daya tahan baterai. Anda sangat disarankan untuk mematikannya jika tidak diperlukan. Contohnya gunakan Bluetooth hanya pada waktu akan mentransfer data maupun dengan memakai bluetooth headset serta aktivkan GPS jika akan mencari petunjuk arah. Untuk koneksi Wi Fi juga demikian, nyalakan hanya jika telah berada di tempat yang dipastikan punya sinyal Wi Fi.
  6. Minimalisir Penggunaan Flash & Wallpaper. Efek flash di kamera tentu saja memakan daya tahan baterai yang besar. Oleh karena itu jangan terlalu sering menggunakannya agar daya baterai awet. Seperti contohnya wallpaper animasi tentunya akan membuat wallpaper terasa lebih cool dan unik dibandingkan wallpaper biasa. Tetapi wallpaper animasi mengkonsumsi daya baterai lebih banyak daripada wallpaper statis. Jadi gunakanlah hanya ketika diperlukan.
  7.  Berhenti Mencari Sinyal. Seringkali pengguna smartphone sedang berada di area yang minim sinyal. Dalam kasus demikian, ponsel tetap akan secara aktif mencari sinyal padahal proses pencarian sinyal pasti memakan daya tahan baterai yang lumayan banyak. Jika tidak sangat diperlukan, sebaiknya matikan ponsel saja atau dipindah ke flight mode agar pencarian sinyal dihentikan.

Semoga informasi mengenai 7 trik agar baterai android awet ini bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*