Pilih Mana Antara BBM dan WhatsApp

bbm dan whatsapp

bbm dan whatsapp

Siapa yang tak kenal BBM dan WhatsApp, kedua aplikasi ini sangat digemari oleh berbagai kalangan, baik para remaja dan para orang dewasa. Berikut 5 fakta antara BBM dan Whatsapp:

  1. Jumlah Pengguna
    BlackBerry Messenger  pernah menduduki daftar download nomor satu di sejumlah toko aplikasi di berbagai negara ketika diluncurkan di ke Google PlayStore dan Apple App Store. Pada hari pertama aplikasi ini diluncurkan sudah mencapai 10 juta download. Sayangnya aplikasi ini belum mampu mengalahkan jumlah pengguna WhatsApp yang telah mencapai 350 juta dan mungkin lebih saat ini. Dikatakan Andrew Bocking, Head BlackBerry Messenger sejak BBM dapat digunakan lintas platform dalam waktu sepekan saja BBM hadir jumlah pengguna aktifnya di Android dan iOS menembus angka  20 juta.
  2. Asal Muasal
    BlackBerry Messenger diluncurkan lebih dahulu bila dibandingkan dengan WhatsApp. WhatsApp didirikan oleh mantan senior  Yahoo Brian Acton dan Jan Koum yang berbasis di California, AS. Aplikasi ini adalah berbayar, namun pada awalnya pelanggan diharuskan  membeli lisensi dalam jangka waktu yang ditentukan. WhatsApp dapat sukses dan menggaet pengguna >350 juta sehingga mencuri perhatian pengguna smartphone sedangkan BlackBerry Messenger (BBM) sangat terbatas karena hanya belkerja di platform BlackBerry saja.
  3. Fitur
    BlackBerry Messenger dan WhatsApp pada awalnya sama-sama dikembangkan untuk pengguna dari kalangan pebisnis.Namun faktanya, sekarang jumlah penggunanya semakin meluas. Kedua aplikasi ini memiliki fitur untuk membuat grup chatting, kemudian bertukar suara, gambar, dan pesan. BBM berbasis PIN BlackBerry sedangkan WhatsApp ini berdasarkan nomor telepon yang didaftarkan. Sayangnya, hal ini menyebabkan banyaknya scam misalnya nomer tak dikenal yang mengirim pesan-pesan yang tidak diinginkan.
  4. Peranannya di Indonesia.
    Berdasarkan hasil survei Nielsen terhadap perilaku konsumen di Indonesia, disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia menyukai chatting melalui instant messaging. Survei tersebut menyebutkan bahwa aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh pengguna smartphone selama 189 menit adalah chatting sebanyak 94%, (71%) dan social networking (64%). Sedangkan mengakses email adalah kegiatan yang paling minim, hanya 17%. Survey ini juga menyebutkan bahwa aplikasi instant messaging yang paling digandrungi  masyarakat Indonesia adalah  Whatsapp sebanyak 58%, BlackBerry Messenger (41%). dan LINE 35%
  5. BBM lintas platform.
    Pada mulanya BBM lintas platform dinilai gagal sebelum berkembang. Nyatanya, saat dirilis ulang mendapat sambutan yang luar biasa. Jumlah 80 juta pengguna, masih sulit untuk mengejar 350 juta pengguna Whatsapp. Namun hal itu bukannya tidak mungkin sebab BlackBerry dikenal sebagai aplikasi messaging untuk kalangan pebisnis.

Jadi, manakah yang anda pilih???

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*