4 Efek Radiasi Ponsel yang harus Anda Ketahui

radiasi-ponsel

Di balik kecanggihan ponsel ternyata penggunaannya yang berlebihan juga dapat mengancam kesehatan manusia. Baik ponsel maupun smartphone biasa memancarkan gelombang radio yang menimbulkan radiasi elektromagnetik. Radiasi ini dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan bagi penggunanya. Walaupun bahaya radiasi ponsel ini masih diperdebatkan, ada baiknya pengguna ponsel lebih bijaksana dan melakukan tindakan preventif.

radiasi-ponsel

Ada beberapa efek yang ditimbulkan oleh penggunaan ponsel yang berlebihan, diantaranya :

1. Kanker otak

World Health Organization (WHO) juga mengungkapkan bahwa radiasi ponsel bisa dapat menyebabkan kanker otak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh 31 ilmuwan dari 14 negara, termasuk Amerika Serikat menyatakan bahwa radiasi ponsel dikategorikan sejenis zat yang bisa membahayakan kesehatan. Terbukti dengan ditemukannya peningkatan glioma dan risiko kanker otak akustik neuroma bagi pengguna ponsel diimana kanker ini merupakan timbul dari syaraf tengkorak ke delapan.

2. Mempengaruhi produksi sperma

Produksi sperma pada pria akan terganggu berbanding lurus dengan lamanya waktu penggunaan ponsel berdasarkan peryatakan oleh  beberapa pakar di pusat kesehatan Ceveland Clinic, Amerika Serikat. Dr. Ashok Agarwal dalam penelitannya yang menghasilkan jurnal “Fertility and Sterility” mengatakan bahwa penurunan produksi sperma berpengaruh pada tingkat kesuburan pria dalam menghasilkan keturunan. Selain itu, dinyatakan bahwa pria yang menggunakan ponsel dalam waktu 4 jam atau lebih tipa harinya, dapat mengalami produksi sperma yang sangat rendah. Penurunan jumlah sperma bisa jadi disebabkan oleh gelombang elektromagnetis ponsel.

3. Risiko pada ibu hamil

Radiasi yang ditimbulkan ponsel terhadap ibu hamil dapat berpengaruh besar terhadap janin yang dikandungnya. Berdasarkan penelitan di Yale University yang mempelajari efek radiasi yang dihasilkan dari perangkat ponsel hal ini dapat dampak negatif pada otak bayi dan meningkatkan resiko  terkena  ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) yaitu gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak yang mengakibatkan aktivitasnya cenderung berlebihan / hyperaktif.

4. Kanker pada anak

Berdasarkan Laporan dari International EMF (Electromagnetic Field) Collaborative mengatakan menyatakan adanya kemungkinan munculnya kanker akibat terstimulasi penggunaan ponsel, terutama bagi anak-anak. Karena itulah orang tua harus mengawasi penggunaan ponsel pada anak dan menjaganya agar tidak terlalu sering berinteraksi, apalagi jika usianya masih di bawah 4 tahun.

Beberapa tindakan pencegahan untuk mengurangi efek buruk radiasi ponsel adalah dengan menggunakan headset saat menelepon, menggunakan casing penahan radiasi, dan mematikan ponsel ketika tidur. Semoga informasi mengenai 4 efek radiasi ponsel ini bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*