Ini Dia 11 Kelebihan Android 4.4 Kitkat Terbaru Google

Android KitKat

Google baru saja merilis update sistem operasi Android melalui android 4.4 kitkat. Tentu saja update sistem operasi ini menawarkan banyak perubahan dan fitur-fitur baru dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu Android 4.3 Jelly Bean. Kabar menarik lainnya, sistem operasi terbaru dari Google ini bisa kompatibel atau dapat digunakan pada perangkat kelas menengah maupun kelas atas.

Android KitKat

Salah satu poin utama dari Android kitkat ini adalah kompatibilitasnya yang dapat dapat digunakan pada smartphone Android dengan kapasitas RAM minimal 512 MB. Jadi kebutuhan RAM pada Kitkat 16 persen lebih kecil daripada RAM pada Jelly Bean. Selain itu, Kitkat juga lebih hemat 12,9 persen terkait hal penggunaan piksel. Dengan kemampuannya yang dapat digunakan untuk perangkat Android kelas bawah, Google diketahui sudah mematok target bahwa pengguna android 4.4 kitkat akan tembus hingga 1 milyar. Secara garis besar, paling tidak ada 11 kelebihan yang ditawarkan oleh Android KitKat.

Interface Lebih Fresh

Google telah mendesain kembali sisi interface pada sehingga tampilannya menjadi lebih segar dan tidak membosankan. Saat ini, tampilannya lebih minimalis dan didominasi dengan warna putih/abu-abu. Selain itu ikon-ikon pada android 4.4 kitkat juga dibuat lebih flat, animasi boot baru, dan kunci layarnya dikombinasikan dengan tombol pintas untuk kamera.

Perbaikan Menu Panggilan Telepon dan Caller ID

Google mampu menyesuaikan nomor telepon dan mengenali kontak yang sering telepon sehingga akan menarik kontak ddari database dengan cepat. Bahkan untuk kontak yang tidak tersimpan di dalam buku telepon. Nomor kontak yang sering dihubungi akan otomatis dijadikan prioritas dalam daftar kontak. Ini juga akan terintegrasi dengan Google Maps sehingga Anda bisa mencari lokasi terdekat dari daftar telepon.

Perekaman Aktivitas Layar

Android 4.4 kitkat dapat melakukan perekaman aktivitas layar dan menyimpannya ke dalam file MP4. Perekaman ini juga bisa diatur bitrate dan resolusinya.

Immersive Mode

Dalam beberapa aplikasi, notifikasi dan fitur navigasi disembunyikan dari layar secara otomatis, kecuali item yang benar-benar ingin dilihat saat posisi layar penuh. Hal ini akan membuat kegiatan melihat foto, membaca, peta, video, dan game menjadi lebih mengasyikkan. Anda hanya perlu menyapunya dari tepi layar untuk membawa status bar kembali dan tombol navigasi.

Hangouts

Aplikasi messenger Google Hangout pada android 4.4 kitkat telah diintegrasi dengan MMS, SMS, dan panggilan video. Para pengguna nantinya juga dapat mengirimkan file gambar GIF dan memanfaatkan fitur Autoawesome yang dapat mencerahkan video chat ketika akasi dengan Hangouts.

Google Cloud Print

Pengguna dapat mencetak dokumen, foto, dan laman web dari tablet atau ponsel secara nirkabel. Semua printer yang dihubungkan dengan Google Cloud Print akan kompatibel, sama halnya dengan HP ePrint printer.

Google Now

Pada android 4.4 kitkat ada fitur baru di voice search dimana pengguna dapat dengan mudah mengaktifkan Google Now tanpa harus menyentuhnya dari homescreen. Namun, fitur ini baru bisa dirasakan pada Nexus 5. Untuk mengakses Google Now, pengguna juga bisa menyapu dari homescreen dan mengatakan ‘Ok, Google’ jika ingin mengaktifkan fitur asisten pribadi yang menawarkan kemampuan 25 persen lebih akurat. Fitur ini dapat menjawab pertanyaan Anda seperti layaknya SIRI pada Apple. Google Now juga menawarkan kartu informasi terbaru terkait dengan acara TV favorit yang akan muncul saat acara tersebut dimulai.

Detektor Langkah dan Gerakan

Untuk melacak langkah saat pengguna sedang berjalan, menaiki tangga, atau berlari, android 4.4 kitkat juga menyediakan sensor langkah.

Kemampuan Multitasking Lebih Baik

Android 4.4 kitkat memiliki kemampuan multitasking yang cepat dan mudah diakses. Google juga membuat cara mudah dalam menelusuri informasi saham dan laucher lainnya. Caranya adalah memilih menu Settings> Home.

Google Drive Lebih Cepat

Pada  sistem operasi terbaru ini, pengguna bisa menyimpan dan membuka file atau gambar dari tablet/smartphone dengan layanan storage cloud atau Google Drive dengan cepat. Android 4.4 kitkat menawarkan framework baru yang berada di QuickOffice atau Gallery. Bahkan, ada daftar file yang baru saja dibuka dan dapat dipilih kembali, seperti pada saat menggunakan history pada dekstop PC.

Emoji Lebih Menarik

Android Kitkat menyediakan ‘emoji’ yang lebih atraktif. Pada keyboard bawaan android 4.4 kitkat membawa simbol Jepang yang warna-warni. Penggunaan simbol ini dapat menggantikan kata yang ingin ditulis sampai lebih menarik. Pengguna seolah menggunakan bahasa emoji untuk menggantikan tulisan ketika menulis pesan.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*