6 Alasan Mengapa Seseorang Menciptakan Virus Komputer

virus-pada-komputer

virus-pada-komputer

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi mengapa seseorang termotivasi untuk menciptakan virus dan membuat kerusakan yang besar. Karena ulah mereka, kini muncul perusahaan antivirus untuk membantu para pengguna komputer. Berikut adalah 6 alasan yang melatar belakangi seseorang membuat virus.

1. Kesenangan

Orang seperti ini bisa merasa puas jika karyanya diapresiasi orang lain. Ketika virus yang dibuatnya membuat kerusakan yang besar dan sulit dibasmi, ada rasa bangga dan senang.Apalagi jika ia menjadi populer dan banyak dikenal, diliput mediahingga menjadi orang incaran nomer satu. Setidaknya orang lain menganggapnya hebat.

2. Hacker Wanna be

Pola pikir hacker akan menyebabkan seseorang menjadi semakin ingin tahu, tidak mudah puas, selalu ingin belajar. Hacker identik dengan program. Jika suatu saat ia ingin menguji sistem yang dibuat, bisa jadi ia akan mengujinya di komputer teman atau yang lain. Jika pengetahuannya semakin banyak, ia pun akan bisa mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang terjadi misalnya untuk membasmi virus-virus maupun mengamankan jaringan.

3. Tantangan

Banyak orang merasa tertantang karena  disediakannya antivirus yang bisa membasmi virus-virus dari yang model lama hingga yang baru. Mereka bisa tertantang untuk membuat virusyang tidak dapat dibasmi. Rasa tertantang ditambah dengan penasaran yang tinggi mengenai virus ini bisa jadi membuat seseorang belajar lebih giat dan sering berekserimen termasuk membuat virus.

4. Sabotase

Dengan berbagai alasan, misalnya kompetisi maupun sekedar uji coba, seseorang bisa menyabotase jaringan komputer orang lain, perusahaan lain, merusak datanya, maupun menyusupkan virus yang bisa membuat masiv.

5. Uang dan materi

Banyak aktivis cyber yang dibayar seseorang maupun perusahaan untuk melakukan spamming, DDOS, botnet dan lain-lain. Jika seseorang ingin bekerja di perusahaan antivirus, ia bisa juga menyerahkan virus buatannya untuk dilampirkan sebagai persyaratan. Jika virusnya sulit untuk dibasmi, kemungkinan besar akan diterima.

6. Spionase

Spionase merupakan tindakan mengumpulkan informasi yang ditujukan selain mencuri identitas atau materi. Hal ini sering terjadi di dunia intelijen dan dilakukan guna mendapatkan informasi dari orang yang sebelumnya sudah mereka targetkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*