Topsy Labs Jadi Milik Apple dengan Mahar $200 Juta

Apple kembali melakukan manuver bisnis dengan mengakuisisi sebuah analis media sosial bernama Topsy Labs dengan mahar lebih dari $200 juta, meskipun telah mengkonfirmasi kesepakatan keduanya namun nilai pastinya hingga kini tak dibeberkan oleh Apple ataupun Topsy Labs.

topsy

Menurut juru bicara Apple, sebagaimana dikutip oleh JN dari Thenextweb bahwa “Apple membeli perusahaan teknologi kecil dari waktu ke waktu, dan mereka tidak membahas atau mendiskusikan tujuan dan rencana mereka kepada publik.”

Keputusan yang menarik dan menjadi tanda tanya besar, sebab Topsy Labs adalah salah satu reseller data Twitter yang biasa disebut firehose, di bisnis ini Topsy Labs berkompetisi dengan perusahaan sejenis seperti Gnip dan DataSift.

Sebagai perusahaan analis, Topsy Labs mempunyai akses penuh ke data Tweet dan juga media yang menggunakan platform feed, dan dipercaya oleh sebagian pengamat bahwa informasi ini akan sangat berguna bagi Apple terutama untuk strategi periklanan mereka. Dengan potensi pasar periklanan mobile yang kian menggiurkan, Apple kini punya pondasi yang kuat untuk menggeser sejumlah perusahaan potensial yang berusaha terjun ke industri yang sama.

Topsy Labs sendiri misalnya memiliki modal gabungan mencapai $32.2 juta yang didapat dari BlueRun Ventures, Ignition Partners, Founders Fund, SV Ange dan investor lainnya, salah satunya kucuran modal sebesar $3 juta dari Western Technology Investmen.

Meski tak membeberkan apa rencana mereka terkati akuisis Topsy Labs, namun cepat atau lambat rencana mereka pasti akan terendus media, kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*