Cara Menghentikan Gmail Memunculkan Gambar Secara Otomatis

Di versi sebelumnya, Gmail akan memblokir gambar yang disertakan dalam sebuah email. Namun setelah update ke versi yang terbaru, kini semua gambar ditampilkan secara otomatis terlepas apakah gambar tersebut berbahaya bagi akun Anda atau tidak.

Berita buruknya, setiap gambar yang dikirimkan ke email Anda biasanya mengandung link dari server di luar Google dan jika email tersebut Anda buka maka informasi jenis perangkat yang Anda gunakan dapat diketahui oleh pengirim gambar tersebut. Alhasil ada celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh pengirim yang usil. Nah, berikut ini adalah cara untuk menghentikan Gmail memunculkan gambar secara otomatis.

  • Seperti tampilan gambar yang disembunyikan, dan fitur ini tidak lagi dapat ditemukan di versi terbaru Gmail.

gambargmail_1

  • Pertama klik gambar akun Anda atau ikon gear dan klik menu Settings.

gambargmail_2

  • Scroll mouse Anda dan temukan menu External content, lalu ubah pilihan default ke Ask before displaying external content.
  • Setelah itu simpan pengaturan dan selesai, sekarang setiap kali email mengandung gambar masuk ke inbox Anda, maka sistem akan meminta Anda izin terlebih dahulu.

gambargmail_3

Cara ini penting dilakukan sebab Anda dapat menutup celah terjadinya tindakan menyimpang, terlepas dari siapa yang mengirimkan email bergambar.

Keuntungan kedua Anda dapat mengakses setiap email dengan lebih mudah karena keberadaan gambar justru akan memberatkan loading halaman.

Itu dia tutorialnya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tips-tips berikutnya.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*