Phablet (phone tablet) menjadi sebuah konsep yang sangat diminati, tidak terkecuali di Indonesia. Sebuah gadget dengan kemampuan sebuah tablet, tapi dibungkus dengan ukuran kecil smartphone banyak beredar di pasar Indonesia saat ini. Salah satu produk phablet yang ikut meramaikan persaingan saat ini adalah Himax Polymer-Li.

Himax Polymer-Li

Android sebagai system operasi open source masih menjadi pilihan untuk ditanamkan dalam phablet berukuran 5 inch ini. Android 4.2 Jelly Bean pada Himax Polymer-Li akan didukung dengan chipset MediaTek MT6582M. Chipset tersebut akan dilengkapi dengan prosesor quad-core ber-clockspeed 1.3 GHz.

Walaupun tergolong berukuran besar dengan layar 5 inch, resolusi pada layarnya ternyata hanya mencapai 960×540 pixel. Jadi, sepertinya display full HD tidak dapat ditayangkan pada tablet satu ini. Walaupun demikian, dengan GPU Mali-400MP, tablet satu ini masih dapat mendukung kerja game yang cukup berat.

Kapasitas memori internal 4GB mungkin kurang bagi sebagian pengguna. Tidak perlu khawatir, karena tersedia slot microSD yang dapat menampung hingga 32GB. Untuk kapasitas memori RAM sendiri mencapai 1GB, dan sudah cukup untuk memberikan kinerja prima dalam multi-tasking aplikasi dalamnya.

Phablet ini dilengkapi dengan fitur dual SIM card. Himax Polymer-Li dapat menggunakan jaringan selular CDMA dan GSM. Koneksi Wifi, Bluetooth, dan micro USB juga menjadi fitur yang dapat digunakan untuk pertukaran data selain melalui jaringan seluler.

Untuk kamera, phablet ini memiliki dua kamera. Kamera belakang menjadi kamera utama dengan kualitas 8MP. Dilengkapi juga dengan autofocus dan flash LED, kameranya menghasilkan gambar yang berkualitas apik. Untuk kamera depannya, ditanamkan kamera beresolusi 2MP. Himax Polymer-Li memiliki baterai berkapasitas 2000 mAh, agak kecil untuk menopang kerja phablet satu ini.

Belum ada kabar terkait harga jual dari Himax Polymer-Li. Namun, sebuah test benchmark dengan menggunakan AnTuTu menunjukkan bahwa phablet ini dapat bersaing dengan nama mentereng semacam HTC One X berikut juga Google Nexus 4. Terlihat dari hasil tes tersebut, Himax Polymer-Li memang masih di bawah Samsung Galaxy S3.