7 Tips Manajemen Hard Disk

manajemen-harddisk

Hard disk merupakan komponen yang sangat penting dalam komputer sebagai media penyimpan file. Namun bila kita tidak melakukan manajemen data dengan baik dapat menyebabkan space hard disk diisi dengan berbagai data sampah. Gunakanlah tips di bawah ini agar hard drive anda tidak cepat penuh.

manajemen-harddisk

1. Atur Kebiasaan
Mengatur kebiasaan kecil seperti memindah file setelah download dengan cara cut dan menunda meletakkan file pada folder yang benar mungkin merupakan hal yang sepele. Namun jika anda anda tidak telaten, hal itu dapat menyebabkan hard disk penuh dengan file-file yang campur aduk. Selain menyulitkan saat pencarian, hal itu bisa menyebabkan file ganda yang membuat hard disk kehilangan kapasitas dengan sia-sia.

2. Kurangi Fitur yang tidak digunakan
Biasanya, komputer dengan OS Windows memiliki beberapa fitur bawaab yang kadang tidak digunakan oleh user. Fitur-fitur tersebut biasanya terpasang secara otomatis sehingga memakan space hard disk namun juga bisa. Contohnya adalah fitur hybernate, system restore, dan lain-lain. Anda dapat mematikannya jika tidak digunakan.

3. Bersihkan File Temporer
File temporer merupakan file sementara yang diciptakan untuk kebutuhan singkat dan menjadi sampah jika sudah tidak digunakan. Biasanya berupa bawaan dari instalasi suatu program maupun cache setelah internetan. Meskipun sudah tidak bekerja, file ini dapat memberatkan kinerja komputer. Solusinya adalah bersihkan cache yang menumpuk menggunakan web browser anda.

4. Minimalisir Program
Uninstall program yang tidak terpakai merupakan agenda wajib bagi pengguna, misalnya game-game, kemudian aplikasi-aplikasi kecil yang jarang digunakan, dan lainnya. Program yang tidak digunakan tetap akan memakan space hard drive jadi hapuslah program yang kurang berguna apalagi terlalu banyak program membuat komputer anda semakin lemot.

5. Hapus File-file Ganda
Pernahkah anda menyimpan file lebih dari satu. Seperti mendownload ebook tetapi memindahkannya ke drive lain tanpa melakukan cutting? File-file tersebut selain memberatkan hard disk juga membuat kapasitasnya termakan sia-sia. Lakukanlah pembersihan di waktu luang. Anda dapat menggunakan Duplicate File Finder, Duplicate Cleaner, atau dupeGuru, untuk menemukan file kembar dalam hard drive.

6. Gunakan Cloud Computing
Berbagai vendor sudah menyediakan layanan cloud bahkan ada yang sifatnya gratis seperti Google Drive dan Mega, selain itu ada juga yang berbayar dan memberikan layanan premium seperti Microsoft SkyDrive dan Dropbox. Unggahlah file yang tidak terlalu penting tetapi mungkin akan digunakan suatu hari untuk mengurangi kapasitas hard disk.

7. Gunakanlah Disk Defragmenter
Pada intinya fragmentasi pada hard disk terjadi karena adanya aktivitas menyimpan, memanggil, mengcopy maupun mempaste file. Ketika sistem membutuhkan suatu file tersebut sistem mungkin tidak dapat menemukan suatu file dalam bagian yang berdekatan (sudah pindah tempat). Inilah yang menyebabkan komputer lemot karena system membutuhkan semakin banyak waktu untuk mencari lokasi file.

Gunakanlah Disk Defragmenter dengan periode tertentu. Meskipun membutuhkan waktu yang lumayan lama (tergantung kapasitas hard disk yang digunakan) tetapi setelah selesai melakukan Defragmenter, akan terasa efeknya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*