Tips Agar Performa Ponsel Android Tetap Handal

Tips-Agar-Performa-Ponsel-Android-Tetap-handal

Bagi anda para pengguna ponsel Android, terdapat beberapa hal yang perlu untuk diketahui terkait penggunaannya. Ponsel Android memang menawarkan berbagai macam kelebihan dengan adanya berbagai aplikasi menarik. Namun perlu diketahui pula bahwa jika ponsel Android tidak dirawat maka performanya bisa berkurang. Bisa menjadi lemot, bahkan bisa juga sering hang. Sangat disayangkan bukan jika ponsel pintar yang telah dibeli dengan harga jutaan namun tidak awet?

Tips-Agar-Performa-Ponsel-Android-Tetap-handal

Maka dari itu, berikut ini akan kami berikan informasi mengenai beberapa tips untuk membuat ponsel Android anda tetap terjaga kehandalan performanya sehingga nyaman ketika digunakan.

  1. Kurangi jumlah aplikasi yang terinstal di ponsel. Seperti penjelasan di atas, banyaknya aplikasi juga bisa mempengaruhi kinerja ponsel. Maka dari itu, untuk aplikasi yang tidak terlalu penting, atau bahkan tidak sering digunakan maka sebaiknya diuninstal saja.
  2. Gunakan Aplikasi Task Manager. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan dapat digunakan untuk memantau penggunaan CPU dan RAM agar tidak berlebihan. Jika RAM terus bertambah penggunaannya maka kinerja ponsel juga semakin lambat.
  3. Kurangi jumlah aplikasi yang berjalan. Biasanya pada background terdapat tanda-tanda aplikasi apa saja yang sedang berjalan atau beroperasi. Hal itu harus anda kurangi karena pada dasarnya akan menambah penggunaan RAM dan efeknya, kinerja ponsel akan melambat.
  4. Harus ada memori sisa. Jangan penuhi memori atau penyimpanan pada ponsel dengan berbagai macam aplikasi. Minimal, sisakan 10% dari memori internal sebagai tempat menjalankan tugas ponsel tersebut. Namun, jika memang anda butuh banyak aplikasi atau file-file yang perlu disimpan, maka sebaiknya sisipkan memori eksternal atau slot Micro SD.
  5. Lakukan SWAP SdCard. Jika ponsel anda memiliki RAM yang kurang dari 768 MB maka sebaiknya anda melakukan SWAP SdCard. Lakukan SWAP lebih dari 2x lipat total RAM.

Itulah beberapa tips dan trik agar smartphone Android tetap memiliki performa yang handal. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa anda terapkan dengan baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*