Cara Membuka Dan Menggunakan File Iso

Cara Membuka Dan Menggunakan File Iso

File ISO pada dasarnya merupakan sebuah file arsip dan digunakan untuk media optic seperti CD ataupun DVD. Namun, pada versi windows terdahulu seperti XP dan Vista tidak mendukung file image ISO dan kebanyakan orang bingung saat menggunakan atau membuka file ISO.

Cara Membuka Dan Menggunakan File Iso

File ini sangat mudah untuk mentransfer beberapa file dan folder karena pengguna tidak lag perlu dan kkhawatir dengan setiap file pada data yang ingin di transfer.

Anda bisa dengan mudah membuka dan menggunakan data yang ada dalam file ISO dengan menggunakan instruksi berikut ini :

  1. Cara termudah untuk membuka dan membaca file ISO yaitu dengan menggunakan software emulator untuk drive optic, yang akan menginstall virtual drive ke computer Anda, dimana Anda kemudia bisa melakukan “mount” pada file ISO seperti seperti memasukkan sebuah CD/DVD kedalam drive yang sebenarnya. Ada beberapa emulator gratis maupun berbayar yang tersedia dan Anda bisa mencoba yang versi gratis.
  2. Setelah software terinstall, maka akan otomatis menginstall sebuah drive yang akan terlihat pada “My Computer”. Kemudian Anda bisa melakukan mount data ISO kedalam virtual drive tersebut dari dalam software dan membaca  isinya seperti Anda membacanya pada disc yang sebenarnya.
  3. Cara lain untuk mengakses isi dari file ISO yaitu dengan mem-burn ke drive sebenarnya. Sebagian besar computer baru dilengkapi dengan software untuk burn disc dan versi terbaru windows juga memungkinkan Anda untuk mem-burn file ISO ke disc secara langsung. Anda perlu sebuah CD atau DVD kosong dan sebuah drive optic yang bisa melakukan burning disc. Setelah proses selesai, disc yang kosong itu akan berisi semua data dari file ISO dan Anda pun bisa mengaksesnya secara bebas.
  4. Menggunakan software arsipp seperti 7-Zip dan Winrar juga merupakan metode yang layak jika anda hanya ingin data pada file ISO dan tidak perlu di emulasi seperti sebuah disc. Software pengarsipan memungkinkan Anda untuk melihat file dan folder didalam file ISO dan mengextractnya. File yang di-extract ini akan di-copy kedalam disk drive Anda dan Anda bisa mengaksesnya seperti data biasa melalui explorer atau file manager. Namun, beberapa program memerlukan penggunakan media optic yang sebenarnya, yang dapat di emulasi menggunakan software tetapi extraksi biasa mungkin tidak bekerja dalam kasus seperti itu.
About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*