Bagaimana Menghindari Virus Pada Lampiran Email

Bagaimana Menghindari Virus Pada Lampiran Email

Lampiran email merupakan salah satu media yang paling umum digunakan virus untuk menyebarkan dirinya melalui internet. Ribuan computer menjadi korban mode transmisis ini setiap harinya, karena tidak semua orang menduga sebuah program berbahaya ada didalam akun email mereka.

Bagaimana Menghindari Virus Pada Lampiran Email

Bahkan pengguna yang telah berhati-hatipun terkadang gagal untuk melindungi system mereka dari virus yang berada didalam lampiran email karena kelihaian pengirim atau pengembang virus.

Pengguna internet yang sering mengirim dan menerima email deangan lampiran, masih dapat melindungi diri mereka dan orang lain yang mereka hubungi, dengan mengambil tindakan pencegahan extra dan menjada hal-hal tertentu di dalam pikiran.

Hal-hal yang diperlukan :

–          Komputer dengan internet

INSTRUKSI

  1. Hal pertama yang Anda perlukan adalah mendownload sebuah software antivirus dari sumber terpercaya. Pastikan computer Anda terhubung ke internet. Dan cari di google “download antivirus”. Pilih dari hasil pencarian secara bijaksana. Ada banyak vendor di Internet, masing-masing mengaku menawarkan produk yang memiliki kemampuan baik untuk menghapus virus, tetapi Anda perlu menghindari untuk tidak tertipu dengan iklan mereka dan buat pilihan yang Anda tidak akan sesali nanti. Ada beberapa kasus dimana pengguna mendownload software yang di proyeksikan sebagai software anti-virus , tetapi seseungguh merupakan Trojan. Beberapa vendor terpercaya antara lain Norton, AVG, Kaspersky, dan McAfee.
  2. Setelah Anda mendownload software anti-virus dari internet, install dan update definisi fvirus untuk meningkatkan proteksi yang disediakan. Ingat untuk mengetur opsi update menjadi otomatis.
  3. Beberapa email clients secara otomatis membuka attachments atau lampiran , untuk menghindari ini, pilihan terbaik yaitu dengan menonaktifkan fitur ini. Lebih disarankan untuk membukan lampiran email secara manual
  4. Selalu ingat untuk memeriksa lampiran email secara menyeluruh dan juga pengirim yang telah mengirim email tersebut. Meskipun Anda mungkin sudah tahu bahwa sama sekali tidak aman untuk membuka file lampiran dari pengirim yang tak dikenal, itu juga penting untuk berhati=hati saat membuka lampiran yang diterima dari pengirim yang Anda kenal baik. Jangan membukanya kecuali Anda memang mengharapkan sebuah lampiran dari si pengirim.Pengirim mungkin akan menyebutkan lampiran di pesan email dan menjelaskan apa isinya. Jika tidak disebutkan, pastikan kepada si pengirim apakah dia memang mengirim lampiran email atau tidak.
  5. Selalu ingat untuk menscan lampiran yang dating dengan email sebelum membukanya. Banyak email clients yang memiliki fitur scanner bawaan ini, tapi Anda tidak bisa bergantung padanya saja. Gunakan juga anti virus yang telah Anda download di langkah awal untuk mengecek virus.
  6. Setelah Anda membuka file lampiran email Anda, jalankan scan full untuk system Anda. Beberapa virus dapat menyelinap melewati scan awal dan membuat jalan mereka ke system.  Lakukan pencegahan untuk hal ini

Semoga bermanfaat

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*