WhatsApp Dibeli Oleh Facebook, Benarkah?

Sangat paham bahwa keberadaan WhatsApp mengancam kelangsungan hidup bisnisnya, atau paling tidak menjadi sandungan bagi kelancaran kerajaan bisnisnya hari ini Facebook dikabarkan telah mencapai kata sepakat dengan pemilik WhatsApp untuk proses akuisisi.

facebook-akuisisi-whatsapp

Dengan adanya kesepakatan ini maka WhatsApp resmi akan berpindah tangan dan menjadi milik Facebook secara penuh. Kabarnya untuk mewujudkan keinginan itu Facebook menggelontorkan mahar yang tak sedikit tak kurang dari $19 miliar atau jika kita rupiahkan sekitar Rp 192 triliun-an. Wah, angka yang sangat fantastis untuk sebuah aplikasi pesan.

Namun menurut sebagian orang angka tersebut masih tergolong rendah jika mengingat potensi dan aset yang dimiliki oleh WhatsApp, bukan aset dalam bentuk saham, fisik atau peralatan tetapi lebih kepada aset dalam bentuk pengguna yang jika ditotalkan hampir menyentuh angka separuh dari pengguna total Facebook.

Sebelumnya Facebook juga melakukan aksi yang sama dengan menawar Snapchat sebesar $3 miliar namun ditolak dan sepertinya WhatsApp tak kuasa menolak pinangan Facebook yang datang dengan iming-iming yang sangat menggoda.

Menurut kabar yang beredar, angka $19 miliar tersebut tidak dicairkan dalam bentuk tunai semua, $4 miliar diberikan dalam bentuk tunai, $12 miliar dalam bentuk saham dan tambahan $3 miliar dalam bentuk saham terbatas.

Terkait akuisisi ini, WhatsApp memastikan bahwa layanan mereka tetap akan berjalan seperti biasa dan menjamin tidak akan ada iklan-iklan yang mengganggu pengguna.

Tak diketahui bagaimana strategi Facebook guna menguangkan potensi yang ada jika tidak melalui iklan, salah satu peluang yang bisa mereka manfaatkan adalah penjualan stiker dan juga emoticon.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*