Cara Mendownload Software Secara Aman

Cara Mendownload Software Secara Aman

Internet memang telah memberi kenyamanan dalam hidup kita. Jarak telah menghilang dan konsep desa global puh telah disadari sepenuhnya. Ada banyak alasan untuk mencintai internet, salah satunya adalah kemudahan bagi seseorang untuk dapat men-download software ke komputer mereka. Kebutuhan untuk berjalan sepanjang jalan ke toko untuk membeli itu sudah hamper hilang, karena kita saat ini sudah bisa menggunakan internet untuk membeli apapun.

Cara Mendownload Software Secara Aman

 

 

 

 

Kenyamanan ini, bagaimanapun, memiliki banyak risiko yang melekat padanya. Saat men-download perangkat lunak, banyak orang akhirnya men-download virus, adware dan spyware ke komputer mereka, sehingga mengorbankan keamanan dan privasi mereka.

 

Untuk mendownload software (perangkat lunak) secara aman, ada beberapa hal sederhana yang perlu Anda lakukan :

  1. Pastikan komputer Anda memiliki koneksi internet yang cepat. Jika ukuran dari software ini besar, mungkin diperlukan waktu berjam-jam untuk men-download. Beberapa situs bahkan tidak memungkinkan download untuk di resum apabila terjadi masalah. Oleh karena itu, dengan koneksi internet yang cepat dapat menyelamatkan Anda dari banyak frustrasi dan sakit kepala tentunya.
  2. Jangan klik link yang terlihat mengkilap, menarik dan mencurigakan. Salah satu hal paling penting untuk diingat ketika menggunakan internet adalah bahwa internet penuh scammers dan predator. Mereka tahu banyak cara untuk menarik perhatian pengguna. Hal ini sebagian besar dilakukan melalui banner berkedip, atau seorang wanita berpakaian minim. Anda akan tergoda untuk mengklik link dan mulai men-download perangkat lunak apa pun yang sedang diiklankan. Namun, Anda tidak harus mengklik link tersebut. Ada kemungkinan 99 persen bahwa alih-alih software yang sedang diiklankan, Anda akan mendapatkan virus pada computer Anda.
  3. Selalu gunakan akal sehat saat memilih situs web dari mana Anda akan men-download perangkat lunak. Jika Anda tidak mempercayai sumbernya dengan baik, maka yang terbaik adalah menghindari download apapun dari sana. Lebih baik aman daripada menyesal. Cara terbaik adalah untuk men-download software dari situs-situs terkenal seperti Symantec, Microsoft, Samsung, dll . website Freeware dan shareware biasanya penuh risiko.
  4. Jika Anda menggunakan uTorrent untuk men-download file ke komputer Anda, pastikan Anda membaca deskripsi dan bagian komentar di situs torrent sebelum men-download torrent. Pengguna lain biasanya berbagi pengalaman mereka di bagian komentar. Download torrent hanya jika pengguna lain yang men-download itu telah menyatakan puas dengan  file torrent tersebut dan meyakinkan Anda bahwa file torent ini tidak akan mempengaruhi komputer Anda dengan virus.
  5. Jika Anda secara teratur men-download software dari internet, pastikan Anda memiliki program anti-virus yang berjalan pada sistem Anda. Pastikan bahwa definisi virus diperbarui. Program ini akan melindungi sistem Anda, bahkan jika Anda tidak sengaja men-download file yang terinfeksi atau berbahaya.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*