Teknik Charging agar Baterai Smartphone Awet

Charging-Baterai-Smartphone

Kelemahan smartphone adalah baterainya yang cepat habis, sebab hal itu sebanding dengan fitur-fitur menarik yang ditawarkan sehingga membuat pengguna keranjingan untuk berinteraksi dengan gadgetnya dalam waktu yang lama. Untungnya, saat ini sudah tersedia powerbank yang berguna untuk charging gadget secara portable sehingga mudah dibawa kemana-mana. Meskipun begitu, tidak ada salahnya apabila pengguna memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar baterai smartphone anda awet dan tahan lama.

Charging-Baterai-Smartphone

Hindari charge baterai dalam waktu yang lama

Salah satu kebiasaan buruk pengguna gadget adalah meninggalkan gadgetnya dalam keadaan charging dalam waktu yang lama. Seringkali malah ditinggal tidur.  Hal ini akan memperpendek umur baterai. Sebaiknya, charge baterai dilakukan saat terjagauntuk menghindari daya yang terus menerus mengalir ke baterai dan membuat baterai cepat rusak. Hindari pula mengisi baterai sampai 100%.

Gunakan gadget sewajarnya

Jangan menggunakan gadget anda dalam waktu yang sangat lama, misalnya sehari semalam tanpa henti sehingga membuat baterai bekerja keras. Jangan menghabisakan daya baterai hingga tersisa sedikit kemudian melakukan charging, tetapi lakukan charging pada saat daya baterai bekisar antara 50%, hal tersebut rupanya bisa memperpanjang usia baterai.

Jaga suhu baterai

Jangan membiarkan gadgetanda terpapar panas secara langsung, misalnya terpapar sinar matahari yang lama atau sumber panas lain dalam jarak dekat. Jangan lupa letakkan gadget di tempat yang kering. Jika tidak ingin baterai berkurang dayanya, anda bisa melepasnya dan menyisakan dayanya sekitar 50% sehingga membuatnya stabil jika digunakan lagi.

Charger Orisinil

Dengan menggunakan kabel dan charger yang orisinil, daya yang mengalir ke baterai akan lebih stabil serta bisa memperpanjang usia baterai. Tegangan yang terlampau tinggi dan tidak stabil dapat membuat baterai gadget anda mudah rusak.

Charge Rutin

Yang tak kalah penting adalah lakukan pengisian baterai secara rutin. Jangan menunggu baterai kosong untuk melakukan charger. Sesekali, isilah sampai daya baterai 100%. Hindari menggunakan gadget anda ketika sedang charging baterai karena selain berbahaya juga akan memperpendek usia baterai anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*