Tips Agar Baterai Android Awet

Baterai-Android-Awet

Seluruh fitur Android memang sangat menyenangkan dan menarik. Apalagi banyaknya software menarik yang bisa didownload dengan gratis bisa membuat pengguna gadget Android ketagihan dan betah berinteraksi dengan gadgetnya dalam waktu yang lama. Namun jika terlalu sering kita berlama-lama dengan gadget tersebut, tentu hal itu membuat daya baterai Android semakin cepat habis. Ketika anda terlalu sering melakukan charging kemudian menggunakan kembali secara berulang ulang akan membuat umur baterai semakin berkurang.

Baterai-Android-Awet

Berikut ini adalah beberapa trik untuk meminimalisir penggunaan baterai pada gadget Android anda untuk membuatnya lebih awet dan tahan lama jika digunakan.

Perhatikan suhu

Ada bagusnya bila anda memperhatikan suhu baterai gadget anda. Jika suhunya mulai memanas, hal itu menandakan daya baterai telah melemah. Jika baterai gampang panas, ada indikasi baterai cepat rusak. Kurangi pemakaian yang berlebihan serta jaga gadget anda dari terpaan sinar matahari maupun sumber panas secara langsung.

Kecerahan layar

Salah satu yang menyebabkan baterai anda cepat habis adalah kecerahan layar yang tinggi. Sebaiknya turunkan kecerahan gadget anda jika tidak digunakan dalam situasi yang mendesak. Sesuaikan juga kecerahannya dengan cahaya dari luar agar tidak terlalu redup atau terlalu cerah. Karena jika tidak sesuai, tentu saja bisa menyakiti mata anda.

Screen timeout

Atur screen timeout agar gadget anda mematikan layar secara otomatis dalam periode tertentu. Hal ini penting, karena jika anda meninggalkan gadget dalam keadaan layar menyala tetpai tidak digunakan energi baterai akan terbuang sia-sia.

Power Saving

Beberapa gadget android telah disertakan fasilitas power saving mode pada menu settingan. Power saving mode berguna unutk mematikan seluruh koneksi termasuk Wi-Fi, GPS, bluetooth dan menurunkan brightness. Aktifkan power saving ketika anda sudah tidak menggunakan koneksi lagi. Hal itu akan sangat membantu anda menghemat baterai terutama ketika daya baterai mulai melemah.

Wallpaper

Bijaksanalah dalam memasang wallpaper demi panjang umurnya baterai gadget anda. Hindarilah terlalu sering menggunakan wallpaper bergerak atau animasi meskipun animasi sangat imut dan menarik, tetapi mempercepat habisnya daya baterai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*